Pilihan

Demo Buruh Hari Ini di Jakarta: Lokasi, Waktu dan 7 Poin Tuntutan - detik

 

Demo Buruh Hari Ini di Jakarta: Lokasi, Waktu dan 7 Poin Tuntutan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Mei 2023 10:32 WIB


Ilustrasi demo buruh (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Demo buruh hari ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Buruh 1 Mei. Peringatan tahunan ini biasanya diisi dengan aksi atau demo massa buruh yang turun ke jalan untuk menyampaikan sejumlah tuntutan terkait kesejahteraan pekerja.

Demo buruh 1 Mei 2023 berlokasi di sejumlah titik di Indonesia, salah satunya DKI Jakarta. Berikut informasi selengkapnya.

Lokasi dan Waktu Demo Buruh Hari Ini di Jakarta

Sekelompok buruh akan menggelar unjuk rasa pada Senin (1/5/2023) di DKI Jakarta. Berikut beberapa titik demo buruh 1 Mei 2023 di Jakarta.

  • Istana Negara, Jakarta Pusat
  • Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat
  • Istora Senayan, Jakarta Pusat.

Aksi Hari Buruh atau May Day juga akan dilakukan secara serempak di 38 provinsi. Untuk aksi di Jakarta, Presiden Partai Buruh yang juga Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan aksi buruh 1 Mei 2023 di Jakarta dimulai pukul 09.30 WIB dan dihadiri 50 ribu orang.

"Untuk di Jakarta, massa buruh ada 50.000 orang. Pukul 09.30 WIB sampai dengan 12.30 WIB aksi May Day di Istana dan Gedung MK," kata Said Iqbal, dalam keterangannya, Sabtu (29/4/2023).

Serikat buruh menggelar demo buruh hari ini, 1 Mei 2023 untuk memperingati Hari Buruh. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sejumlah titik DKI Jakarta. (Foto: Ilustrasi: Kiagoos Auliansyah)

Demo Hari Buruh 1 Mei: Ada Orasi Serikat Buruh

Sesudah aksi di depan Istana Negara dan Gedung MK, para peserta aksi akan akan bergerak menuju Istora Senayan pada pukul 13.00 WIB. Di Istora Senayan, akan ada May Day Fiesta yang diisi oleh berbagai orasi dari serikat buruh.

Selain itu, Said Iqbal mengatakan pada May Day Fiesta, akan ada calon presiden (capres) yang berorasi.

"Di Istora Senayan akan dilakukan May Day Fiesta. Akan dilakukan dari jam 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. May Day Fiesta akan diisi pidato dan orasi dari pimpinan buruh. Ada kemungkinan juga ucapan hari buruh internasional dari capres yang sudah diputuskan dalam rakernas partai buruh. Ini rakernas ya belum keputusan Partai Buruh," imbuhnya.

7 Poin Tuntutan Hari Buruh 1 Mei

Saat demo Hari Buruh 1 Mei, serikat buruh akan menyampaikan sejumlah tuntutan. Berikut tujuh tuntutan buruh saat Hari Buruh atau May Day.

  1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Ciptaker.
  2. Cabut parliamentary threshold 4 persen dan Presidential threshold 20 persen karena membahayakan demokrasi yang kita kenal.
  3. Sahkan RUU DPR dan perlindungan pekerja rumah tangga.
  4. Tolak RUU kesehatan
  5. Reforma agraria dan kedaulatan pangan. Tolak bank tanah, tolak impor beras kedelai dan lain-lain.
  6. Pilih capres yang pro buruh dan kelas pekerja. Partai buruh haram hukumnya berkoalisi dengan parpol yang mengesahkan UU Ciptakerja.
  7. HOSTUM, hapus out scorsing tolak upah murah.

Hindari Titik Kemacetan Saat Hari Buruh

Serikat buruh akan menggelar peringatan Hari Buruh atau May Day di sejumlah titik di Jakarta hari ini. Polisi mengimbau para pengendara untuk menghindari titik kemacetan seperti Gelora Bung Karno (GBK) hingga Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Masyarakat biar tidak kejebak kemacetan untuk hindari kawasan GBK," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, kepada wartawan, Minggu (30/4/2023).

Latif menyebut potensi kemacetan juga berpotensi terjadi di Gedung DPR dan Patung Kuda dekat Silang Monas, Jakarta Pusat. Sebab, lokasi tersebut diperkirakan juga menjadi titik demo buruh hari ini.

"(Hindari) gedung DPR dan Patung Kuda Silang Monas," jelasnya.

Simak Video 'Massa Aksi Buruh Sudah Mulai Berkumpul di Depan Balai Kota DKI':




(kny/imk)l

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek