Pilihan

Detik-Detik Mendebarkan Evakuasi Penumpang KMP Royce 1, Berlompatan Diikat Tali - inews

 

Detik-Detik Mendebarkan Evakuasi Penumpang KMP Royce 1, Berlompatan Diikat Tali

Iskandar Nasution
5-6 minutes
Detik-Detik Mendebarkan Evakuasi Penumpang KMP Royce 1, Berlompatan Diikat Tali Tangkapan layar penumpang KMP Royce 1 memakai pelampung bergantian untuk melompat ke kapal penyelamat. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LAMPUNG SELATAN, iNews.id - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Royce 1 tujuan Pelabuhan Bakauheni terbakar tak jauh dari Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (6/5/2023) pukul 15.20 WIB. Peristiwa ini diduga dipicu terbakarnya bus yang terparkir di lambung kapal penyeberangan rute Merak–Bakauheuni tersebut.

Shopee

FLASH SALE Rp99 DAY

Total Hadiah 2M | GRATIS ONGKIR s/d 20 RIbu | Flash Sale Rp99 | Diskon hingga 70%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Dari video yang beredar, kapal tampak mengeluarkan api serta asap tebal yang membubung ke langit. Selain itu, terlihat ratusan penumpang memakai pelampung siap dievakuasi dari geladak kapal.

Baca Juga

Detik-detik mendebarkan proses evakuasi ini pun terekam video saat semua penumpang KMP Royce berusaha keluar menyelamatkan diri. Mereka berbondong-bondong memadati antrean di pintu kapal untuk berpindah ke kapal lain.

Proses evakuasi berlangsung dramatis karena di tengah lautan dengan kondisi kapal bergoyang mengikuti gelombang laut. Para penumpang lalu berlompat bergantian ke kapal penyelamat dengan tubuh mereka diikat tali. Tampak pula ada petugas SAR masuk ke air di pertengahan antara kapal terbakar dan kapal penyelamat untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan. 

Baca Juga

Peristiwa kebakaran KMP Royce 1 tersebut dibenarkan Kepala Sektor Kepolisian Pelabuhan (KSKP) Bakauheni AKP Ridho Rafika saat dikonfirmasi MNC Portal. 

"Ada kebakaran kapal dari pelabuhan merak menuju pelabuhan Bakauheuni Lampung," ujar Ridho. 

Baca Juga

Menurutnya, kebakaran kapal yang memuat ratusan penumpang tersebut disebabkan terbakarnya salah satu bus di lantai bawah.

Baca Juga

"Kapal sudah mendapatkan bantuan, ada kapal yang menyusul dari Pelabuhan Merak," katanya.

Sementara Kasi Ops Basarnas Banten Heru Amir mengungkapkan, untuk kronologi kejadian sebenarnya, pihaknya masih melakukan pengumpulan data. Amir juga belum dapat memastikan terkait ada tidaknya korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut.

Baca Juga

"Tentang korbannya, kita juga belum bisa memberikan informasi. Kalau kejadian betul, kita masih pendataan," ucapnya. 

Editor : Donald Karouw

Follow Berita iNewsLampung di Google News


Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek