ESDM Minta Pelaku Usaha Terapkan Praktik Pertambangan yang Baik - Beritasatu

 

ESDM Minta Pelaku Usaha Terapkan Praktik Pertambangan yang Baik

Rabu, 17 Mei 2023 | 10:01 WIB
Euis Rita Hartati / WBP
Ilustrasi pertambangan nikel.
Ilustrasi pertambangan nikel. (Dok)

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta pelaku usaha pertambangan menjalankan tata kelola tambang yang baik sehingga kelestarian lingkungan terjaga. Praktik pertambangan yang baik perlu menjadi fokus pelaku usaha. 

“Selama 3 tahun saya membantu Pak Menteri, khususnya di tata kelola minerba (mineral dan batu bara), kami menemukan banyak sekali persoalan. Namun kami tetap mengajak semua pelaku tambang untuk menerapkan kaidah-kaidah praktik pertambangan yang baik, meningkatkan keselamatan kerja, dan memperhatikan lingkungan hidup,” ujar Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batu Bara, Irwandy Arif dalam Halalbihalal Idulfitri 1444 Hijriah, bersama pelaku usaha pertambangan dikutip Investor Daily, Selasa (16/5/2023).

Adapun pelaku usaha yang hadir dalam halalbihalal itu adalah Indonesia Mining Association (IMA), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo), Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) dan Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI).

Advertisement

Irwandi sependapat dengan yang disampaikan para ketua umum bahwa momen halalbihalal ini sebaiknya dijadikan titik awal dalam memajukan pertambangan di Indonesia. “Mari kita kembali ke fitrah masing-masing dan mari bersama-sama memajukan pertambangan di Indonesia,” ucap dia.

Sementara Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasli menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi momen membangun komitmen bersama dalam membangun pertambangan Indonesia yang lebih baik. Kolaborasi menjadi suatu yang penting tidak terkecuali di industri pertambangan yang punya multi-stakeholders. "Lewat kegiatan ini kita ingin membangun kebersamaan untuk memajukan industri pertambangan ke depan," kata dia.

Berita ini juga sudah tayang di Investor.id dengan judul: Pelaku Usaha Pertambangan Diwanti-wanti Soal Ini

Baca Juga

Komentar