Menengok Hotel Jemaah Haji Indonesia di Madinah yang Ramah untuk Lansia - inews

 

Menengok Hotel Jemaah Haji Indonesia di Madinah yang Ramah untuk Lansia

5-6 minutesMenengok Hotel Jemaah Haji Indonesia di Madinah yang Ramah untuk Lansia Hotel di Madinah yang dilengkapi fasilitas ramah lansia siap menerima jemaah calon haji Indonesia (Foto: Sucipto/iNews)

MADINAH, iNews.id - Jemaah calon haji Indonesia mulai tiba pada Rabu (24/5/2023) di Madinah, Arab Saudi. Berbagai persiapan telah rampung untuk menerima para tamu Allah. Diperkirakan 6.383 jemaah mendarat di Madinah besok. 

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Tim akomodasi menyatakan seluruh hotel telah siap menampung jemaah, termasuk untuk kalangan lanjut usia (lansia). 

Baca Juga

Sejumlah Hotel di Madinah Siap Menyambut 6.383 Jamaah Haji Indonesia

Berdasarkan pantauan, hotel yang berada di sektor 1 dan 2 Daerah Kerja (Daker) Madinah sudah siap digunakan. Di Sektor 1 ada tiga hotel, yakni Plaza Bdr Al Maqam, Al Madinah Concord, dan Safwat Al Madinah. Sedangkan di Sektor 2 ada satu hotel yakni Abraj Taba Company. 

Keempat hotel tersebut akan ditempati para jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang baru tiba di Madinah. 

Baca Juga

Ini Perbedaan Terminal Fast Track, Zero, dan Internasional bagi Jemaah Haji

Di Grand Plaza Madinah, kesiapan hotel yang berada persis di seberang Masjid Nabawi itu dapat dilihat dari fasilitas yang disediakan. Hotel yang memiliki 1.079 kamar itu menyiapkan kursi roda untuk jemaah lansia. 

Untuk memudahkan mobilitas jemaah lansia, hotel juga menyediakan lift prioritas. Setiap kamar juga dilengkapi dua hingga lima tempat tidur, bergantung pada luas kamar. Fasilitas lain adalah kulkas dan peralatan lain sesuai dengan standar pelayanan hotel.  

Baca Juga

Daker Bandara di Madinah Siap Sambut Jemaah Haji Kloter Pertama dari Indonesia

Menariknya, hampir di setiap lantai terdapat lebih dari satu dispenser. Hal itu untuk memudahkan jemaah minum agar tidak mengalami dehidrasi mengingat cuaca saat ini memasuki musim panas.

Hal yang sama juga terlihat di Hotel Safwat Al Madinah dan Hotel Abraj Taba. Kedua hotel itu juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk jemaah haji khususnya lansia, seperti kursi roda, dispenser dan lainnya. Bedanya, Hotel Abraj Taba memiliki kamar cukup banyak yakni 1.473 unit karena akan ditempati jemaah dari empat kloter. 

"Ini adalah hotel yang akan digunakan jemaah haji kita di Madinah. Hotel hanya berjarak sekitar 100 meter dari Masjid Nabawi," ujar Kasi Akomodasi Daker Madinah, Ali Machzumi, Selasa (23/5/2023). 

Dari hasil visitasi dan pengecekan, kata Ali, seluruh hotel telah siap menyambut kedatangan jemaah haji. Bahkan, beberapa pengelola hotel dan petugas telah menyiapkan penyambutan. 

"Terkait penyambutan jemaah haji dari sisi akomodasi sudah siap 100 persen. Besok akan kita lihat bagaimana penyambutan dari hotel maupun majmuah yang sudah sangat siap sekali untuk menyambut kedatangan pertama haji kita di Madinah," ucapnya. 

Sesuai rencana, 16 kloter jemaah haji diberangkatkan dari Tanah Air yakni dari delapan embarkasi, yaitu Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta- Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu-Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB).

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News


Baca Juga

Komentar