Muhadjir: Mayoritas Buruh Indonesia Generasi Sandwich - CNN Indonesia

 

Muhadjir: Mayoritas Buruh Indonesia Generasi Sandwich

CNN Indonesia
3-3 minutes
Senin, 01 Mei 2023 19:40 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut mayoritas buruh di Indonesia adalah generasi sandwich. Jika terkena PHK, imbasnya bakal sangat terasa.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut mayoritas buruh di Indonesia adalah generasi sandwich. Jika terkena PHK, imbasnya bakal sangat terasa (Rusman - Biro Setpres)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut mayoritas buruh di Indonesia adalah generasi sandwich.

"Saya belum menemukan beberapa angka yang pasti tapi kita pastikan mayoritas buruh kita itu adalah generasi sandwich," ujar Muhadjir dalam Puncak Perayaan Hari Buruh Internasional yang ditayangkan secara daring, Senin (1/5).

Generasi sandwich adalah mereka yang menanggung hidup generasi di atasnya seperti orang tua, diri sendiri, serta generasi bawahnya yaitu anak sekaligus.

Menurutnya, generasi sandwich rentan terhadap kemiskinan. Jika generasi sandwich terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) maka dampak yang terjadi akan sangat terasa.

"Begitu dia kena PHK maka kemiskinan itu akan terjun bebas. Kemiskinan ekstrem kita masih tinggi, sekitar 6 juta penduduk kita miskin ekstrem," paparnya.

Demi mengantisipasi hal tersebut, pemerintah memiliki lima skema melalui BPJS Ketenagakerjaan, yakni jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, jaminan hari tua, dan jaminan kehilangan pekerjaan.

Ketika generasi sandwich terkena PHK, ia menambahkan, mereka juga dapat mengambil program respilling dan upskilling, salah satunya melalui Kartu Prakerja.

Jika ingin menjadi pengusaha atau belajar menjadi entrepreneur juga sudah ada paket-paket untuk pembiayaannya.

"Mestinya secara sistemik sekarang sudah berjalan dengan baik cuma bagaimana melakukan edukasi, sosialisasi kepada para pekerja, para buruh bahwa ada paket-paket yang bisa ambil," kata Muhadjir.

(Antara/bmw)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Peringati May Day, Buruh Joged Bersama

Baca Juga

Komentar