PM Kamboja Minta Maaf ke Jokowi soal Insiden Bendera RI Terbalik di SEA Games - detik

 

PM Kamboja Minta Maaf ke Jokowi soal Insiden Bendera RI Terbalik di SEA Games

By Eva Safitri
detikcom
Jokowi dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di KTT ASEAN
Jokowi dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di KTT ASEAN
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen di sela forum KTT ke-42 ASEAN Labuan Bajo. Dalam pertemuan itu, Hun Sen minta maaf soal insiden bendera Indonesia terbalik saat pembukaan SEA Games.

Hal itu diungkap Menlu Retno Marsudi dalam keterangan pers tertulis, Rabu (10/5/2023). Jokowi awalnya mengucapkan selamat datang di Labuan Bajo.

"Bapak Presiden di sela-sela KTT ke-42 ASEAN telah melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kamboja, Hun Sen. Tentunya, Bapak Presiden pertama kali mengucapkan selamat datang di Labuan Bajo dan mengucapkan selamat atas keketuaan Kamboja di ASEAN pada tahun lalu," ujarnya.

Jokowi, kata Retno, juga menyampaikan apresiasi terhadap dukungan yang diberikan Kamboja soal keketuaan RI di KTT ke-42 ASEAN. "Di dalam pertemuan, Bapak Presiden juga menyampaikan apresiasi, terima kasih atas dukungan Kamboja terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun ini," ujarnya.

Retno lantas membeberkan dua isu yang dibahas Jokowi dan Hun Sen. Pertama, komitmen Indonesia untuk terus kerja sama di bidang ekonomi dan infrastruktur. Kemudian soal bantuan Kamboja menyelamatkan WNI korban perdagangan manusia.

"Pertama adalah komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk keinginan Indonesia untuk terlibat di dalam pembangunan di Kamboja, terutama di dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur," ujarnya.

"Yang kedua, Bapak Presiden juga menyampaikan terima kasih atas bantuan Kamboja pada saat kita harus menyelamatkan para WNI korban human trafficking terutama untuk kejahatan online scams," lanjutnya.

Lebih lanjut, Retno juga menyampaikan adanya permintaan maaf dari Hun Sen ke Jokowi. Hal ini terkait insiden bendera RI yang terbalik saat pembukaan SEA Games.

"Di awal pertemuan, PM Hun Sen menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas insiden terbaliknya bendera Indonesia di awal acara pembukaan SEA Games," ucapnya.

Lihat Video: Momen Pertama Kali PM Timor Leste Bicara di KTT ASEAN

Baca Juga

Komentar