Sandiaga Uno Pastikan Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN 2023 By BeritaSatu.com

 

Sandiaga Uno Pastikan Labuan Bajo Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 18, 2023
Sandiaga Uno mengatakan bahwa libur lebaran 2023 kemarin telah berhasil membawa angka kunjungan wisatawan meningkat.
Sandiaga Uno mengatakan bahwa libur lebaran 2023 kemarin telah berhasil membawa angka kunjungan wisatawan meningkat.

Jakarta, Beritasatu.com - Sandiaga Uno tengah memastikan bahwa Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) siap menyambut para tamu dalam perhelatan KTT ke-42 ASEAN 2023 yang akan berlangsung pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Hal tersebut dijelaskan oleh Menparekraf Sandiaga saat memberikan berbagai update kesiapan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023. Untuk mengakomodir kebutuhan akomodasi para tamu, yakni delegasi, panitia dan media, saat ini terdapat 38 hotel mulai dari hotel bintang 5 hingga bintang 3 dengan kapasitas lebih dari 1.500 kamar.

"Juga banyak homestay dan rumah kost yang mulai banyak disewa terutama oleh para wisatawan nusantara," katanya dalam Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut, untuk memenuhi kebutuhan yang ada, saat ini juga telah dipersiapkan kapal-kapal sebagai akomodasi alternatif atau hotel apung. Tersedia sekitar 26 kapal dengan kapasitas tampung 4.200 orang mulai dari kapal phinisi hingga kapal wisata lainnya.

"Kami juga memastikan partisipasi UMKM dan juga pelibatan restoran dan kafe, di mana terdapat sekitar 20 lokasi restoran dan kafe yang direkomendasikan untuk destinasi kuliner di Kota Labuan Bajo dan 40 UMKM parekraf lokal yang sudah terkurasi untuk mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN 2023," terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk kesiapan lainnya adalah aksesibilitas, di mana Bandar Udara Internasional Komodo Labuan Bajo telah selesai dilakukan revitalisasi. Saat ini Bandar Udara Internasional Komodo siap menampung tujuh parking stand dengan kapasitas empat pesawat narrow body dan tiga pesawat propeller.

"Dan terminal penumpang seluas sekitar 14.000 meter persegi dengan daya tampung 1,1 juta penumpang per tahunnya," ujarnya.

Sebagai upaya antisipasi, Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan bandara alternatif sebagai tempat parkir pesawat para delegasi, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bandara Lombok Praya, Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, dan Bandara El Tari di Kupang.

"Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, momentum ini diharapkan dapat menjadi pemantik untuk kembali dibukanya penerbangan internasional ke Labuan Bajo," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pariwisata Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina, di kesempatan yang sama memastikan para pelaku industri, pemerintah daerah, komunitas, dan masyarakat sangat semangat dan antusias menyambut event besar di Labuan Bajo.

Shana mengatakan, bahwa pihaknya telah memastikan seluruh destinasi dan kegiatan pariwisata di Labuan Bajo tidak ditutup. Namun hanya sedikit terbatas dan kini telah diantisipasi oleh sejumlah asosiasi serta pelaku industri.

"Para tamu yang datang juga sudah tahu akan ada event KTT. Intinya di Labuan Bajo saat ini semuanya sudah semakin terasa akan ada acara besar, pengamanan sudah datang semua. Teman-teman industri juga sudah mulai bersiap untuk menyambut tamu termasuk juga menyiapkan logistik yang diperlukan," kata Shana Fatina.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar