Pilihan

Satgas Damai Cartenz Ungkap Penyandera Pekerja BTS di Pegubin KKB Pimpinan Ananias Mimin - inews

 

Satgas Damai Cartenz Ungkap Penyandera Pekerja BTS di Pegubin KKB Pimpinan Ananias Mimin

4-5 minutesSatgas Damai Cartenz Ungkap Penyandera Pekerja BTS di Pegubin KKB Pimpinan Ananias Mimin Ilustrasi, Kelompok Separatis Teroris (KST) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Foto:Dok. Kodam Cenderawasih).

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang dan sempat menyandera pekerja tower BTS di Okbab, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua Pegunungan dipimpin Ananias Mimin. Saat ini para pekerja itu telah dibebaskan.

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Rahmadani mengatakan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan tim Satgas dan Polres Pegunungan Bintang terungkap pelaku, yaitu anak buah Ananias Mimin yang merupakan salah satu pemimpin KKB di wilayah Pegubin.

Baca Juga

Satgas Damai Cartenz Dalami Lokasi Penahanan Pilot Susi Air oleh KKB di Nduga

"Saat ini semua pekerja tower, tiga diantaranya karyawan PT. IBS serta staf Distrik Okbab dan warga sipil lainnya sudah dibebaskan," ujar Faizal di Jayapura, Sabtu (20/5/2023).

Mantan Direskrimum Polda Papua itu mengakui, penyanderaan terhadap para pekerja itu terjadi Jumat (12/5/2023) sesaat setibanya di Okbab menggunakan pesawat milik Elang Air.

Baca Juga

Kontak Tembak dengan KKB Kembali Pecah di Ilaga Papua Tengah, TNI Siaga 1

Pesawat yang membawa enam penumpang yaitu Kadis Kominfo Pegunungan Bintang Alferus Sanuari, tiga karyawan PT IBS yakni Benjamin Sembiring, Asmar dan Feryan Erlangga serta staf Distrik Okbab Peas Kulka serta warga Distrik Borme Senus Lepitalem.

Sesaat setibanya di lapangan terbang Okbab tiba-tiba datang sekelompok orang yang membawa senjata tajam seperti parang kemudian menyerang para karyawan PT. IBS hingga akhirnya mengalami luka-luka.

Baca Juga

Breaking News, 4 Pekerja BTS Disandera KKB Papua di Pegunungan Bintang

Kadis Kominfo Pegunungan Bintang dan seorang karyawan PT. IBS, yaitu Benyamin Sembiring diizinkan kembali ke Oksibil dengan menggunakan pesawat yang sama dan melaporkan insiden yang dialami ke Polres Pegubin.

Sedangkan dua karyawan PT. IBS bersama staf Distrik Okbab dan warga sipil yang turut bersama tim tersebut ditawan di Okbab, jelas Faizal.

Dua karyawan PT. IBS beserta rekan-rekannya, sudah dibebaskan dan keluar dari Okbab setelah Wakil Bupati Pemda Pegubin melakukan negoisasi dengan kelompok tersebut. Dari keterangan korban terungkap bila para pelaku penyanderaan bukan warga Okbab.

"Dari keterangan para korban dan hasil penyelidikan dipastikan pelaku adalah anggota KKB, " ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek