Pilihan

SEA Games: Gasak Myanmar 5-0, Indonesia Pimpin Klasemen Grup A - Beritasatu

 

SEA Games: Gasak Myanmar 5-0, Indonesia Pimpin Klasemen Grup A

Kamis, 4 Mei 2023 | 17:56 WIB
Jaja Suteja / JAS
Striker Indonesia, Ramadhan Sananta, merayakan gol ke gawang Myanmar.
Striker Indonesia, Ramadhan Sananta, merayakan gol ke gawang Myanmar. (PSSI)

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia memetik kemenangan 5-0 atas Myanmar dalam pertandingan penyisihan Grup A cabang sepak bola SEA Games 2023, Kamis (4/5/2023).

Gol-gol yang membawa pasukan Indra Sjafri unggul dalam babak sebelum jeda dicetak Marselino Ferdinan dan Ramadhan Sananta (2 gol), Fajar Fathur Rahman dan Titan Agung.  

Berkat kemenangan ini Indonesia pun memimpin klasemen Grup dengan raihan sempurna enam poin. Dalam pertandingan pertamanya Indonesia juga sukses meraih poin maksimal setelah menundukkan Filipina, 2-0. Sementara Myanmar masih bertengger di posisi ketiga dengan koleksi dua poin. 

Posisi kedua di Grup A diisi tuan rumah Kamboja dengan raihan 4 poin dari 2 pertandingan. Pada pertandingan pertama 19 April lalu, Kamboja menundukkan Timor Leste, 4-0. Sementara pada penampilan keduanya, Rabu (2/4/2023) lalu, tim asuhan Keisuke Honda ditahan imbang Filipina, 1-1. 

Advertisement

Menghadapi Myanmar, pelatih Indra Sjafri kembali mengusung formasi 4-3-3. Dia menurunkan trio Witan Suleaman, Ramadhan Sananta, dan Fajar Fathur Rachman.

Sementara lini tengah diisi Marselino Ferdinan, Taufany Muslihuddin, dan Alfreanda Dewangga.

Di lini belakang, Indra Sjafri menurunkan Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Bagas Kaffa, Pratama Arhan. Mereka akan mengawal kiper Ernando Ari.

Indonesia tampil menekan sejak peluit awal dibunyikan. Upaya menemui hasil pada menit ke-20. Marselino berhasil mengontrol bola hasil sapuan pemain Myanmar. Setelah menahan bola dengan dadanya, dia kemudian melancarkan tendangan kaki kanan yang tak bisa ditahan kiper Myanmar.

Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-30. Kali ini gol dicetak dari tendangan penalti. Indonesia mendapat hadiah tendangan langsung dari jarak 11 meter setelah Marselino dilanggar pemain lawan.

Ramdhan Sananta yang tampil sebagai algojo tak menyia-nyiakan peluang ini. Ia menendang bola ke tengah gawang dan tidak bisa diantisipasi kiper Myanmar, Pyae Phyo Thu. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Indonesia tetap mengusung pola menyerang. Pelatih Indra Sjafri menggantikan Witan dengan Irfan Jauhari.

Memasuki menit ke-52, Myanmar mengancam gawang Indonesia. Zaw Win Thein melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun belum menemui sasaran.

Indonesia sukses menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-60 melalui gol Ramadhan Sananta. Mendapat umpan dari sisi kiri, pemain bernomor punggung sembilan menggocek bola sebentar kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang tak bisa ditangkap kiper.

Setelah tertinggal 0-3, Myanmar bisa memberikan perlawanan yang lebih gigih dan sempat menyulitkan Indonesia. Namun Garuda Nusantara kembali menambah keunggulannya pada menit ke-74. Gol yang membawa Indonesia memimpin 4-0 dilesakkan Fajar Fathur Rahman. 

Mendapat umpan dari Ananda Raehan, Fajar kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti yang membuat gawang Myanmar kembali kebobolan. 

Menit ke-76, Indonesia nyaris menambah keunggulan ketika Beckham Putra melepaskan tendangan dari jarak dekat. Namun tendangan gelandang Persib ini berhasil ditepis kiper.

Indonesia juga membuat peluang lagi pada menit ke-82. Pemain pengganti, Titan Agung, sudah berhadapan dengan kiper dan mengecohnya. Namun tendangannya ke arah gawang diblok bek Myanmar.

Titan Agung melengkapi keunggulan Indonesia menjadi 5-0 pada menit ke-87. Penyerabg klub Bhayangkara FC ini mendapat umpan jarak jauh menyusul serangan balik. Dia kemudian mengecoh pemain belakang Myanmar melepaskan tendangan yang mengoyak gawang tim asuhan Michael Feichtenbeiner ini.

Satu menit kemudian, Beckham Putra nyaris membawa Indonesia unggul 6-0. Menerima umpan di depan gawang dia kemudian melepaskan tendangan sambil memutar. Namun sepakannya berhasil ditepis kiper. Skor 5-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain Indonesia vs Myanmar:

Kiper: Ernando Ari

Belakang: Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Bagas Kaffa, Pratama Arhan

Tengah: Marselino Ferdinan, Taufany Muslihuddin, Alfreanda Dewangga

Depan: Witan Suleaman, Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rachman

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

BERITA TERKAIT

Sepak Bola SEA Games 2023: Indonesia Libas Myanmar 5-0

Sepak Bola SEA Games 2023: Indonesia Libas Myanmar 5-0

SPORT
SEA Games: Indonesia Ungguli Myanmar 2-0 pada Babak I

SEA Games: Indonesia Ungguli Myanmar 2-0 pada Babak I

SPORT
SEA Games: Ini Susunan Pemain Indonesia vs Myanmar

SEA Games: Ini Susunan Pemain Indonesia vs Myanmar

SPORT
SEA Games 2023: Istirahat Cukup, Timnas U-22 Siap Hadapi Myanmar

SEA Games 2023: Istirahat Cukup, Timnas U-22 Siap Hadapi Myanmar

SPORT
SEA Games: Lawan Myanmar, Ini Prediksi Susunan Pemain Indonesia

SEA Games: Lawan Myanmar, Ini Prediksi Susunan Pemain Indonesia

SPORT
SEA Games: Ramadhan Sananta Optimistis Indonesia Taklukkan Myanmar

SEA Games: Ramadhan Sananta Optimistis Indonesia Taklukkan Myanmar

SPORT

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek