Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Sejumlah Titik Api Akibat Kebakaran Lahan Mulai Marak di Palangka Raya By BeritaSatu

 

Sejumlah Titik Api Akibat Kebakaran Lahan Mulai Marak di Palangka Raya

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 1, 2023
Titik api mulai terdeteksi di beberapa lokasi, salah satunya di Jalan Bandara Utama 1, Kelurahan Panarung, Kota Palangka Raya.
Titik api mulai terdeteksi di beberapa lokasi, salah satunya di Jalan Bandara Utama 1, Kelurahan Panarung, Kota Palangka Raya.

Palangka Raya, Beritasatu.com - Cuaca ekstrem dan pengaruh suhu panas cukup tinggi yang melanda Wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah sejak beberapa waktu ini membuat lahan gambut dan semak belukar mudah terbakar.

Dari hasil pemantauan Tim Satgas Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, sejumlah titik api pun mulai terdeteksi di beberapa lokasi, yang diduga sengaja di bakar untuk membersihkan lahan, salah satunya di Jalan Bandara Utama 1, Kelurahan Panarung, Kota Palangka Raya pada Kamis (25/5/2023) siang.

Lahan yang didominasi tumbuhan semak belukar dan rumput kering ini membuat kobaran api cepat membesar, sehingga petugas pemadam Kebakaran dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah yang tiba di lokasi langsung berjibaku memadamkan api agar lahan yang terbakar tidak meluas.

Upaya pemadaman kebakaran lahan ini pun berhasil dilakukan setelah membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk memastikan titik api benar-benar padam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Emi Abriyani mengatakan sejauh ini, lahan yang terbakar di wilayah Kota Palangka Raya sudah ada 9 kejadian dengan luas lahan yang terbakar bervariasi.

"Kebakaran lahan yang terjadi beberapa hari terakhir ini, kami menduga memang sengaja dibakar oleh warga yang ingin membuka lahan" ujarnya.

Selain itu, Emi Abriyani juga menyebutkan pengaruh cuaca ekstrem dan musim kemarau dengan suhu panas yang cukup tinggi melanda wilayah Kota Palangka Raya juga menjadi faktor penyebab mudahnya lahan gambut yang mengering sangat mudah terbakar.

Menyikapi situasi tersebut, Pemerintah Kota Palangka Raya telah menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla dengan membentuk tim gabungan untuk melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kota Palangka Raya sekaligus memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek