15 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat Pakai Obat dan Kebiasaan Sehat - detikHealth

 

15 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Cepat Pakai Obat dan Kebiasaan Sehat

Bayu Ardi Isnanto - detikHealth
Sabtu, 03 Jun 2023 06:45 WIB


Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyakit asam lambung dalam bahasa medis disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Dilansir dari situs Mayo Clinic, penyakit ini terjadi ketika asam lambung berulang kali mengalir ke kerongkongan hingga dapat mengiritasi lapisan kerongkongan.

Refluks asam ini mungkin banyak dialami orang, tetapi ketika hal ini terjadi berulang kali akan menyebabkan GERD. Cara mengobati asam lambung dengan cepat bisa dilakukan dengan mengonsumsi herbal, obat medis, maupun mengubah kebiasaan.

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Herbal

Berikut ini beberapa herbal yang berpotensi menangani penyakit asam lambung yang dilansir dari Healthline.

1. Kamomil

Kamomil adalah herbal yang memiliki manfaat anti-inflamasi dan antimikroba. Refluks asam sering menyebabkan peradangan yang menyakitkan di kerongkongan. Kamomil bisa membantu penyembuhan peradangan.

Mencampurkan kamomil dengan teh juga bisa meredakan stres. Stres adalah salah satu penyebab asam lambung naik.

2. Licorice

Licorice atau akar manis dipercaya dapat meredakan beberapa penyakit, salah satunya asam lambung. Licorice dapat meningkatkan aktivitas lendir yang dapat menghalangi asam di lambung dan kerongkongan.

3. Marshmallow

Akar marshmallow (Althaea officinalis) memiliki sifat antiinflamasi. Makanan ini sangat lengket dan bisa melapisi kerongkongan sehingga efektif melindungi dari asam lambung. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, maka tidak akan mengiritasi otot polos.

4. Slippery Elm

Slippery elm bisa menjadi pilihan untuk meredakan asam lambung. Kandungan tanaman ini dipercaya bisa melapisi kerongkongan dan perut untuk meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh refluks asam.

Obat Resep dan Apotek untuk Asam Lambung

Dilansir dari Medical News Today, ada sejumlah obat untuk asam lambung yang bisa diperoleh di apotek, baik tanpa resep maupun dengan resep dokter.

1. H2 Blocker

H2 blocker atau penghambat reseptor H2 biasa digunakan untuk pengobatan masalah lambung, termasuk GERD. H2 blocker bekerja dengan menurunkan jumlah asam klorida dalam perut.

2. Antasida

Antasida dapat mengobati GERD dalam taraf ringan dengan cara menetralkan asam lambung. Obat ini juga menghambat produksi pepsin yang menambah asam klorida di dalam perut untuk sehingga memungkinkan seseorang mencerna makanan.

3. PPI

Perut seseorang mengandung sel parietal yang mengandung enzim H+/K+ ATPase. Enzim ini terlibat dalam sekresi asam di lambung. PPI atau Proton Pump Inhibitor dapat menyerapnya di usus kecil dan menurunkan kadar asam lambung seseorang.

Kebiasaan yang Bisa Mengobati Asam Lambung

Selain obat herbal dan obat medis, ada kebiasaan yang perlu dilakukan untuk mengobati asam lambung.

1. Hindari Stres

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah stres. Maka jauhi kondisi yang memicu stres dan perbanyak kegiatan yang meningkatkan mood.

2. Makan Malam Lebih Awal

Kebiasaan makan malam lebih cepat bisa mencegah asam lambung naik di kemudian hari. Disarankan makan 4 jam sebelum tidur karena badan yang berbaring membuat proses pencernaan menjadi sulit.

3. Makan Sedikit tapi Sering

Untuk mencegah asam lambung tidak naik, kamu bisa menambah frekuensi makan. Polanya ialah dengan mengurangi porsi makanan agar bisa makan lebih sering.

4. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet disebut bisa mengurangi asam lambung naik. Air liur bisa membantu mendorong, menelan dan menjaga asam lambung tetap normal. Tapi lebih baik mengonsumsi permen karet bebas gula.

5. Makanan yang Dihindari

Beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari orang berpenyakit asam lambung adalah minuman bersoda, makanan pedas, berlemak, dan asam. Misalnya susu full cream, gorengan, mi pedas, keju, dan jeruk nipis.

6. Atur Posisi Tidur

Posisi tidur juga berpengaruh dalam mengatur asam lambung. Antara lain meninggikan posisi kepala dibandingkan kaki. Selain itu, kamu bisa mengubah posisi tidur jadi miring ke kiri. Karena ketika tidur miring ke arah kanan, asam lambung bisa menutupi sfingter esofagus bagian bawah dan dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

7. Pijat Perut

Coba pijat sekitar perut dengan menggunakan 3-5 jari dengan searah jarum jam, mulai dari pusar hingga ke pinggul secara perlahan. Lanjutkan dengan tarik napas dalam-dalam kemudian embuskan secara perlahan.

8. Jaga Berat Badan

Yang terakhir, jaga berat badan agar tetap proporsional. Berat badan berlebih bisa menyebabkan tekanan di otot perut dan menambah risiko asam lambung naik.

Demikian tadi 15 cara mengobati asam lambung dengan cepat yang bisa dilakukan dengan herbal, obat medis, maupun mengubah kebiasaan. Semoga informasi ini bermanfaat.



Simak Video "Aduh! Saat Puasa GERD Kambuh"
Aduh! Saat Puasa GERD Kambuh

(bai/inf)

Baca Juga

Komentar