Bakamla Dapat Kapal Patroli Cepat Buatan Dalam Negeri, Bakal Dipakai Cegah TPPO - inews

 

Bakamla Dapat Kapal Patroli Cepat Buatan Dalam Negeri, Bakal Dipakai Cegah TPPO

inews.id
June 26, 2023
Bakamla mendapatkan kapal patroli cepat buatan dalam negeri
Bakamla mendapatkan kapal patroli cepat buatan dalam negeri

JAKARTA, iNews.id - Bakamla resmi mendapatkan satu unit Kapal High Speed Craft (HSC) baru karya putra bangsa. Peresmian kapal HSC yang bernomor lambung HSC IV/32-04 dipimpin langsung Kepala Bakamla Laksdya Dr. Aan Kurnia di Dermaga PT Palindo Marine Shipyard, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26/6/2023).

Kapal HSC tersebut memiliki panjang 14,30 meter, lebar 3,3 meter, bahan badan kapal aluminium, mesin 3x425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan kapasitas 6 orang.

Laksdya Aan Kurnia mengatakan kapal HSC ini merupakan kapal keempat yang dimiliki Bakamla. Kapal bakal sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir dan kepulauan.

Menurutnya, saat ini tantangan maritim semakin kompleks terutama di wilayah kepulauan yang sering terjadi pelanggaran pelayaran, penyelundupan senjata dan narkoba. Kapal juga bakal dipakai untuk mencegah TPPO.

“Dan yang saat ini ditekankan pemerintah adalah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” ujar Aan, dikutip dari keterangan Puspen TNI.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar