Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Beli Jet Bekas Qatar, Prabowo Subianto Sebut Masih Bisa Digunakan 20 Tahun Lagi - Viva

Beli Jet Bekas Qatar, Prabowo Subianto Sebut Masih Bisa Digunakan 20 Tahun Lagi

Kamis, 15 Juni 2023 - 22:26 WIB
Oleh :
Menhan RI Prabowo Subianto (tengah).
Sumber :
  • Istimewa
Share :

Bandung – Indonesia membeli 12 pesawat jet Mirage 2000-5 bekas dari Qatar. Meski bekas, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, memastikan kalau masa pakai jet tempur tersebut masih bisa sampai 20 tahun ke depan.

Baca Juga :

Hal itu ditegaskan Prabowo lantaran pesawat jet Mirage 2000-5 itu jam gerbangnya masih sedikit. Terlebih, Qatar merupakan negara kecil. 

"Mirage ini cukup canggih dan walaupun dikatakan bekas tapi Qatar adalah negara yang sangat kecil. Jadi flying hours-nya masih sedikit. Jadi masih bisa kita pakai mungkin minimal 15 tahun, 20 tahun lagi," kata Prabowo kepada wartawan di Bandung, Kamis, 15 Juni 2023. 

Baca Juga :

Tak hanya itu, Prabowo menyebut pesawat Mirage juga paling potensial dibeli saat ini. Sebab, untuk pengadaan pesawat baru seperti Dassault Rafale dan F-15 Super Eagle, membutuhkan waktu pengiriman yang cukup lama. 

Sehingga, pembelian pesawat bekas dinilai menjadi langkah yang tepat. Adapun pesawat Rafael pertama itu diperkirakan akan terlaksana pada Januari 2026 mendatang. Sedangkan untuk pesawat F-15 masih dalam proses pembahasan Letter of Offer and Acceptance oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan skema FMS (Foreign Military Sales).

Baca Juga :

"Ya jadi sebagaimana diketahui kita harus bangun kekuatan pertahanan kita, diterent kita, kekuatan penangkal, dan saat ini banyak sekali pesawat kita yang sudah tua dan harus kita refurbished. Kita sedang perbaiki," kata Prabowo.

"Dan kita akan beli pesawat-pesawat yang baru, modern, sudah kita kontrak, sudah kita pesan Rafale dari Perancis. Tapi kita tanda tangan baru berapa minggu yang lalu, beberapa bulan (yang lalu), datangnya nanti yang pertama itu 3 tahun lagi, paling cepat. Dengan itu, kita lihat yang potensial adalah Mirage 2000-5," pungkasnya.

Sukamta, Anggota Komisi I DPR RI sekaligus Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek