Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

BIo Farma dan Sinopharm Rintis Pengembangan Pengobatan Baru TBC - Tempo

 

BIo Farma dan Sinopharm Rintis Pengembangan Pengobatan Baru TBC

6-8 minutes
Rabu, 31 Mei 2023 10:30 WIB
Gedung Kantor Pusat PT Bio Farma (Persero) di Bandung Jawa Barat. Bio Farma, BUMN Produsen vaksinterbesar di Asia Tenggara, menjadi Holding BUMN FarmasiBersama dua BUMN lainnya, PT Kimia Farma Tbk dan PT Indofarma Tbk.

TEMPO.COBandung - Bio Farma dan Sinopharm menandatangani kerja sama pengembangan pengobatan baru TBC. “Kerja sama ini didukung oleh uji klinis dan proses produksi yang mengacu pada standar internasional untuk produk diagnostik, vaksin, dan pengobatan yang inovatif baik untuk lokal maupun global,” kata Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir, dalam keteranganya pada Rabu 31 Mei 2023.

Kesepakatan kerja sama produsen farmasi Indonesia dan Cina ini diteken di Beijing pada pekan lalu, tepatnya Jumat 26 Mei 2023. Penandatanganan kerja sama bertajuk Global Co-Development Partnership on Innovative Tuberculosis Treatment dilakukan oleh Direktur Penelitian dan Pengembangan Bio Farma Yuliana Indriati dan Vice President & President Director of Global Business Unit Sinopharm, Yan Bing.

Turut hadir menyaksikan adalah Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury, President Sinopharm International Zhou Song, Direktur Utama Kimia Farma David Utama, serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Bio Farma IGN Suharta Wijaya.

Pahala, dalam keterangan yang sama, menuturkan bahwa kerja sama Bio Farma dan Sinopharm terjalin sejak 2020 lewat perjanjian pembelian 7,5 juta dosis vaksin Covid-19 pada tahun itu. Lalu berlanjut pada November 2022 saat Kimia Farma sebagai anak perusahaan Biofarma Group menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat kerja sama termasuk ekspor impor, produksi, distribusi dan lainnya.

"Di awal 2023, Kimia Farma dan Sinopharm baru saja menandatangani MoU terkait pengembangan bahan baku obat dan pengobatan tradisional Cina,” kata dia.

Advertising

Advertising

Pahala mengatakan, kerja sama Bio Farma dan Sinopharm yang terbaru diharapkan dapat mengambangkan pengobatan baru TBC. “Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara dengan prevalensi TBC tertinggi kedua di dunia," katanya menambahkan.

Direktur Penelitian dan Pengembangan Bisnis Bio Farma Yuliana Indriati mengatakan, kerja sama terbaru untuk mendapatkan inovasi pengobatan TBC yang efektif. Kedua perusahaan, kata dia, berkolaborasi dalam pengembangan pengobatan TBC-resistensi obat, dengan efek samping yang lebih rendah dan efikasi yang dibuktikan dengan uji klinis di beberapa negara.

"Sehingga meningkatkan kepatuhan pengguna dan menurunkan angka kematian akibat TBC,” kata Yuliana.

Pilihan Editor: Gempa Terkini Guncang Mentawai dan Nias, Kekuatan M5,1


Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

4 jam lalu

900 Warga Binaan Rutan Depok Skrining Kesehatan Antisipasi Penularan TBC

Skrining kesehatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa WBP Rutan Depok tetap dalam keadaan sehat.

Baca Selengkapnya

1 hari lalu

Bio Farma Kirim 1,5 Juta Dosis Vaksin Pentavalen ke Nigeria, Sri Mulyani: Langkah Mendukung Soft Diplomacy

Bio Farma mengirim 1,5 juta dosis vaksin pentavalen--merek dagang vaksin Pentabio--ke Nigeria sebagai program hibah vaksin Indonesian AID.

Baca Selengkapnya

2 hari lalu

Sri Mulyani Anggarkan Rp 8 Triliun untuk Soft Diplomacy dengan Negara Lain

Menkeu Sri Mulyani Indrawati menganggarkan Rp 8 triliun untuk mendukung soft diplomacy dengan negara lain.

Baca Selengkapnya

3 hari lalu

Sri Mulyani dan Retno Marsudi Lepas 730 Ribu Dosis Vaksin Pentavalen Produksi Bio Farma untuk Nigeria

Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi melepas 730 ribu vaksin Pentavalen produksi Bio Farma untuk Nigeria.

Baca Selengkapnya

16 hari lalu

Bio Farma dan Merck Sharp Dohme Bersiap Memulai Produksi Lokal Vaksin Kanker Serviks

Bio Farma menerima technical visi dari Merck Sharp Dohme (MSD), pabrikan farmasi asal Amerika untuk menindaklanjuti kerja sama pengembangan produksi lokal vaksin Human Papillomavirus (HPV).

Baca Selengkapnya

21 hari lalu

5 Fakta Unik Louis Pasteur, Dijadikan Nama BUMN dan Jalan di Bandung

Nama Louis Pasteur tidak asing lagi bagi sebagian orang, tetapi bagi sebagian lainnya akan tampak asing. Namun, seorang ahli kimia asal Perancis ini memiliki beragam fakta unik yang namanya dijadikan nama jalan di Bandung, apa sajakah itu?

Baca Selengkapnya

24 hari lalu

Kimia Farma Apotek Ekspansi Bisnis Buka 15 Outlet di Tanah Air

PT Kimia Farma Apotek pada 2023 melakukan ekspansi bisnis dengan melakukan pembukaan 15 outlet atau apotek baru di sejumlah wilayah di Tanah Air.

Baca Selengkapnya

28 hari lalu

Polisi Brasil Gerebek Rumah Bolsonaro, Diduga Gunakan Data Palsu Vaksin COVID-19

Pihak kepolisian Brasil menggerebek rumah mantan presiden Jair Bolsonaro di Brasilia atas dugaan memakai data palsu vaksin COVID-19

Baca Selengkapnya

28 hari lalu

Amerika Serikat Hapus Syarat Vaksin Covid-19 untuk Pelancong Internasional Mulai 11 Mei

Amerika Serikat sebelumnya pada Juni lalu mencabut persyaratannya bahwa orang yang tiba di AS melalui udara harus dites negatif Covid-19.

Baca Selengkapnya

32 hari lalu

Tolak Tinggal di Rumah Adik Kandung, Pria Lumpuh Dibuang di Tangerang Pilih Rumah Singgah

Setelah lima hari dirawat di RSUD Kota Tangerang, kondisi Toto Daryanto, pria lumpuh dibuang di pinggir jalan di Tangerang semakin membaik.

Baca Selengkapnya

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek