BPKN Pastikan Harga dan Pasokan Bahan Pokok Jelang Iduladha Relatif Terjaga By BeritaSatu

 

BPKN Pastikan Harga dan Pasokan Bahan Pokok Jelang Iduladha Relatif Terjaga

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Suasana aktivitas perdagangan di Pasar Tradisional Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu, 24 Juni 2023.
Suasana aktivitas perdagangan di Pasar Tradisional Dukuh Kupang Surabaya, Sabtu, 24 Juni 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rizal Edy Halim memastikan harga dan pasokan kebutuhan pokok jelang Iduladha relatif terjaga. Hal itu dia ungkapkan olehnya setelah melakukan kunjungan ke Pasar Jatinegara.

"Jadi secara umum pasokan relatif terjaga, kenaikan harga kebutuhan pokok menurut saya relatif terkendali, ada sedikit gejolak tetapi tidak terlalu besar dan itu masih dalam ambang batas yang bisa ditolerir," tutur Rizal Edy Halim Senin, (26/6/2023) siang.

Rizal mengatakan akan memeriksa 22 pasar di Jabodetabek dalam dua hari ini menjelang hari raya Iduladha. Adapun pasar yang diagendakan pada hari ini diantaranya Pasar Jatinegara dan Pasar Grogol.

"Hari ini juga ada beberapa pasar untuk memastikan yang utamanya pasokan hewan kurban dan stabilisasi pasokan barang kebutuhan pokok menjelang Iduladha," kata dia.

"Karena waktunya tinggal dua hari kita membagi personil untuk mengecek tadi kenaikan harga, pasokannya, kesehatannya keamanannya dan sebagainya. Nah, ini untuk memastikan kita bisa melewati Iduladha dengan riang gembira," jelasnya.

Rizal mendapati adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok seperti cabai merah keriting, daging sapi dan daging ayam. Kenaikan beberapa komoditi ini memang tidak seragam, katanya ada yang naik dan ada yang turun.

"Misalnya cabai merah keriting itu ada kenaikan sekitar 20 - 30% dari harga normal, tapi disisi lain juga cabai rawit ada penurunan hingga 10-15% hampir 20% dari Rp 60.000 jadi 40.000," ujar Rizal.

Menurut Rizal, karena memang cabai merah keriting ini sangat dibutuhkan jelang Iduladha untuk mengolah daging sehingga permintaannya menjadi tinggi.

"Nah, juga kalau kita lihat tadi pasokan sapi juga ada sedikit kenaikan harga masih di Rp 140.000 jadi ada sekitar 20% (kenaikan) kira-kira dari harga normal dari Rp 120.000 dan ini sudah berlangsung sejak Idul Fitri," sebut Rizal.

"Daging ayam ada sedikit kenaikan tetapi tidak besar ya, mungkin di angka 5-10%," tambah dia.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar