Pilihan

Contoh Jawaban Esai PPG Prajabatan 2023 dan Cara Mengisinya - Tirto

 

Contoh Jawaban Esai PPG Prajabatan 2023 dan Cara Mengisinya

tirto.id - 21 Jun 2023 12:20 WIB
Contoh Jawaban Esai PPG Prajabatan 2023 dan Cara Mengisinya
Guru bersama siswa melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka 100 persen di SD Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/9/2022)
Contoh jawaban esai PPG Prajabatan 2023, jadwal, dan tahapan selanjutnya.
tirto.id - Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru atau PPG Prajabatan 2023 telah dibuka sejak 31 Mei dan akan ditutup pada 25 Juni 2023. Salah satu syarat mengikuti program ini yakni mengisi esai. Berikut contoh jawaban esai PPG Prajabatan 2023 lengkap dengan jadwalnya.

Pendidikan Profesi Guru atau PPG adalah salah satu program dari Kemdikbudristek yang ditujukan untuk menciptakan calon guru-guru profesional dan kompeten di bidangnya. Dalam hal ini, Kemdikbudristek menyediakan program PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan.

Melansir ppg.kemdikbud.go.id, PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi untuk mencetak guru-guru Indonesia agar menjadi profesional, komitmen, hingga menjadi teladan.


PPG Prajabatan 2023 ditujukan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV semua jurusan dengan poin akhirnya para peserta akan mendapatkan sertifikat pendidik (Serdik).

Peserta yang mengikuti program PPG Prajabatan tahun 2023 akan menjalani tiga tahap seleksi. Di tahap pertama, peserta diharuskan mengisi data diri, esai, bidang studi, dan lokasi seleksi. Kemudian tahap kedua tes substantif dan tahap terakhir yakni wawancara.


Pelaksanaan tahap 1 PPG Prajabatan 2023 sendiri dilaksanakan berbarengan dengan proses pendaftaran, yakni pada 31 Mei-25 Juni 2023.


Dalam hal ini, peserta yang ingin memiliki kemungkinan lolos menerima PPG Prajabatan 2023, harus mengikuti instruksi serta menjalani beberapa tahap seleksinya, termasuk mengisi esai dalam seleksi tahap 1.
Agar bisa menjadi bahan acuan, berikut contoh jawaban esai PPG Prajabatan 2023 lengkap dengan jadwal dan tahap pendaftaran PPG Prajabatan 2023.



Contoh Jawaban Esai PPG Prajabatan 2023

Apa Motivasi Anda menjadi Guru dan Hal Apa yang Akan Dilakukan untuk Mewujudkannya?

Jika mendapatkan pertanyaan tersebut, Anda perlu menceritakan tantangan yang dihadapi pribadi terutama pada semasa kuliah. Akan lebih sistematis juga, Anda dapat memberikan menceritakan juga tantangan maupun permasalahan yang dihadapi semasa menimba ilmu dari jenjang sekolah dasar hingga menengah atas.

Contoh: motivasi saya menjadi seorang guru yakni karena saya sangat menyukai dunia pendidikan baik pada saat masih bersekolah dasar maupun pada saat saya berkuliah. Saya merasa pendidikan memiliki dampak yang positif untuk diri saya pribadi dan masa depan.

Lebih dari itu, saya merasa pendidikan dan ilmu yang ada di dalamnya dapat membukakan pikiran seseorang termasuk saya agar memiliki sudut pandang yang lebih luas. Namun hal tersebut tidak akan sampai jika tidak ada peranan seorang guru yang memberikan pemahaman yang baik.

Beranjak dari hal tersebut, saya memiliki motivasi menjadi seorang guru dengan tujuan mencerdaskan anak bangsa serta mendidiknya agar memiliki karakter agar berguna di masa depan kelak.

Untuk mewujudkan motivasi tersebut, saya harus lebih giat lagi menimba ilmu terutama menempuh pendidikan yang sejalur pada tingkat perguruan tinggi. Pada tahap ini, saya mendapatkan berbagai pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat dalam hal pendidikan terutama mendidik siswa.

Selain itu, beberapa hal lainnya untuk mewujudkan motivasi menjadi seorang guru yakni mengikuti program pendidikan profesi guru agar saya terdidik sebagai pendidik sekaligus mampu mengamalkan ilmu yang seharusnya diamalkan.

Apa Kelebihan yang Mendukung Anda Sebagai Guru?

Jika peserta mendapatkan pertanyaan tersebut, maka jawaban yang paling tepat ialah menjelaskan aspek apa saja yang menjadi pendukung peserta sebagai guru serta menjelaskan kelebihan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Contohnya: Pada dasarnya, seorang pendidik yang baik dan profesional tidak hanya mengacu pada pengetahuan yang luas yang dimilikinya, melainkan cara berkomunikasi yang baik juga menjadi salah satu aspek keberhasilan proses belajar mengajar.

Komunikasi menjadi hal yang paling dasar dalam proses penyampaian informasi. Namun hal tersebut bisa tidak tercapai jika proses penyampaiannya kurang sesuai. Dalam hal ini, saya memiliki kelebihan terkait komunikasi atau penyampaian suatu hal agar bisa diterima oleh orang lain terutama untuk para siswa kelak.

Selain itu, saya juga bergelut dalam dunia public speaking sehingga saya mengetahui tata cara penyampaian informasi yang baik dan benar dengan pembawaan yang benar juga.

Saya juga memahami aspek-aspek ilmu psikologi yang memiliki manfaat dalam hal memberikan pendidikan kepada siswa baik itu secara pendekatan maupun pemberian materinya.

Bagaimana Jika Anda Dihadapkan dengan Situasi Bekerja Sama dengan Orang Lain yang Memiliki Latar Belakang Berbeda Seperti Agama, Budaya, dan Lainnya?



Jika peserta mendapatkan pertanyaan seperti ini, maka jawaban yang harus diberikan adalah tidak mempersoalkan adanya perbedaan dengan mengacu pada Bhineka Tunggal Ika, meskipun banyaknya perbedaan, namun hal tersebut tidak semestinya menjadi penghalang. Selain itu, munculkan jiwa toleransi Anda terhadap sesama.

Contoh: Saya memiliki beberapa pengalaman baik di dunia kerja maupun organisasi dimana saya dihadapkan dengan situasi banyaknya perbedaan antara saya pribadi dengan individu yang lainnya. Salah satu untuk mengatasinya yakni saya menerapkan asas toleransi untuk menghargai adanya perbedaan.

Hal ini sesuai dengan salah satu makna Bhineka Tunggal Ika yakni meskipun berbeda tapi tetap satu. Saya juga tidak pernah menyoal adanya perbedaan baik itu secara agama, budaya, maupun yang lainnya.

Bagi saya, perbedaan itu justru bisa menjadi harmonisasi tersendiri jika kita bisa mengkolaborasikannya atau berjalan seirama tanpa mempermasalahkan satu sama lain guna mewujudkan suatu cita-cita.

Jadwal dan Tahapan Pendaftaran PPG Prajabatan 2023

- Registrasi / Log In SIMPKB: 31 Mei - 25 Juni 2023

- Seleksi Tahap I: Data Diri, Esai, Bidang Studi, Lokasi Seleksi: 31 Mei - 25 Juni 2023

- Pembayaran Biaya Pendaftaran: 31 Mei - 25 Juni 2023

- Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1: 30 Juni 2023

- Cetak Kartu Peserta: 30 Juni - 11 Juli 2023

- Seleksi Tahap 2: Tes Substantif: 5 - 11 Juli 2023

- Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2: 31 Juli 2023

- Pengumuman Jadwal Wawancara: 5 Agustus 2023

- Seleksi Tahap 3: Wawancara: 7 Agustus - 1 September 2023

- Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 3: 5 September 2023

- Konfirmasi Kesediaan Mengikuti PPG Prajabatan Tahun 2023: 8 - 10 September 2023

- Penetapan Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2023: 12 September 2023

- Lapor Diri Mahasiswa PPG Prajabatan di LPTK: 13 - 15 September 2023

- Orientasi Mahasiswa: 18 September 2023

- Awal Perkuliahan PPG Prajabatan Tahun 2023: 18 September 2023.

Baca juga:

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek