Hiu Paus di Teluk Jakarta, Pemprov DKI Tegaskan Hewan Dilindungi - inews

 

Hiu Paus di Teluk Jakarta, Pemprov DKI Tegaskan Hewan Dilindungi

5-6 minutesHiu Paus di Teluk Jakarta, Pemprov DKI Tegaskan Hewan Dilindungi Ikan hiu paus (foto: Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) menegaskan ikan hiu paus merupakan hewan yang dilindungi. Beberapa hari terakhir sekelompok hiu paus muncul di perairan Teluk Jakarta.

Shopee

Kupon Shopee
  • Total Quota: 25
  • Short T&C: Cashback 15%, Min. Spending Rp275,000, Max Cashback Rp50,000
  • Payment: ShopeePay/Shopee PayLater
  • Validity: until 16 July 2022
  • All user

LIHAT
KODE TM3

S&K ðŸ“… 16 Jul 2023

"Hewan ini berstatus terancam punah dan merupakan hewan yang dilindungi secara nasional melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18 tahun 2013 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Hiu Paus dan bahkan di lingkup internasional oleh IUCN (The International Union for Conservation of Nature)," ujar Kadis KPKP, Suharini Eliawati, Senin (5/6/2023).

Baca Juga

Viral Sekelompok Hiu Paus Muncul di Teluk Jakarta, Peneliti Duga Ada Sumber Makanan Melimpah

Oleh karena itu, Eli meminta nelayan dan masyarakat pesisir tidak menangkap atau mengganggu hewan dengan nama latin Rhincodon typus tersebut.

"Dengan kehadiran hiu paus diharapkan nelayan dan masyarakat lainnya agar tidak menabrak dan mengganggu hewan tersebut serta tidak melakukan penangkapan," ucapnya.

Baca Juga

Viral Video Hiu Paus Berkeliaran di Perairan Teluk Jakarta

Sebelumnya, viral video sekelompok ikan hiu paus muncul di perairan Teluk Jakarta. Peneliti Ahli Madya Pusris Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fahmi, menjelaskan kemunculan hiu paus di situ merupakan fenomena yang unik.

Hiu paus kata dia biasanya menjelajah lautan secara individu tanpa mengelompok.

"Bisa saya pastikan dalam video tersebut bahwa ikan yang terlihat itu adalah dari jenis hiu paus atau dalam bahasa ilmiahnya Rhincodon typus," kata Fahmi.

"Kemunculan ikan hiu paus secara bergerombol di Teluk Jakarta ini menjadi fenomena yang menarik, karena memang bukan sifat dasar hiu paus ini berkelompok," sambungnya.

Fahmi menilai, gerombolan hiu paus tersebut kemungkinan sedang mencari makan atau bermigrasi. Diduga ada sumber makanan melimpah di lokasi tersebut.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News



Lokasi Tidak Terdeteksi

Anda sedang menikmati berita di sekitar Anda

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda

Baca Juga

Komentar