Meksiko Dilanda Gelombang Panas Tak Biasa, Suhu Mencapai 45 Derajat Celcius- Okezone

 

Meksiko Dilanda Gelombang Panas Tak Biasa, Suhu Mencapai 45 Derajat Celcius

news.okezone.com
June 16, 2023
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.

MEXICO CITY - Pihak berwenang Meksiko mendesak orang-orang di seluruh negeri untuk mengambil tindakan pencegahan keselamatan pada Kamis, (15/6/2023) karena gelombang panas akhir musim semi yang tidak biasa membuat suhu di banyak wilayah melonjak. Dikatakan bahwa suhu kemungkinan baru akan turun dalam beberapa minggu mendatang.

BACA JUGA:

Data kementerian kesehatan hingga 9 Juni menunjukkan bahwa setidaknya enam orang telah meninggal tahun ini akibat suhu yang lebih tinggi dari normal.

"Panasnya sangat panas!" kata Abigail Lopez, seorang perawat di Mexico City yang biasanya cerah tetapi beriklim sedang. Lopez mengatakan dia minum lebih banyak air dan mengenakan pakaian yang lebih ringan untuk mencoba melawan panas.

"Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, rasanya jauh lebih buruk."

BACA JUGA:

Layanan meteorologi nasional Meksiko memperkirakan suhu lebih dari 30 derajat Celcius (86 derajat Fahrenheit) pada Kamis di 32 negara bagian, dengan suhu tertinggi setidaknya 10 derajat lebih panas di 23 negara bagian.

Gelombang panas saat ini akan berlanjut selama 10-15 hari lagi, menurut perkiraan dari para ilmuwan dengan Institut Ilmu Atmosfer dan Perubahan Iklim di Universitas Otonomi Nasional Meksiko, selama konferensi pers webcast.

Follow Berita Okezone di Google News

Mereka menambahkan gelombang panas lain dapat dimulai pada awal Juli.

Di Mexico City, anak-anak bermain air di air mancur umum dan penumpang melindungi diri dari matahari dengan payung. Gelombang panas di masa lalu di ibu kota, di mana sangat sedikit orang yang memiliki AC, cenderung terjadi pada April dan Mei.

Di pusat industri Monterrey, ibu kota negara bagian Nuevo Leon, pekerja layanan darurat membagikan cangkir air dingin kepada pejalan kaki saat suhu naik di atas 40C.

Di sembilan negara bagian termasuk Nuevo Leon, suhu diperkirakan mencapai 45C (113F) pada Kamis.

Erik Cavazos, kepala badan layanan darurat Nuevo Leon, menekankan bahwa hitungan harian yang diperpanjang untuk pukulan panas saat ini patut diperhatikan.

"Dalam 20 tahun terakhir, kami belum pernah mengalami gelombang panas yang begitu lama," katanya. "Itulah mengapa kami menamakannya tidak biasa."

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Baca Juga

Komentar