Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Pemprov DKI Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota - inews

 

Pemprov DKI Gelar Salat Idul Adha di Halaman Balai Kota

inews.id
June 27, 2023
Pemerintah Provinsi
Pemerintah Provinsi

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengadakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di Halaman Gedung Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat. Salat tersebut, terbuka untuk umum.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris KORPRI DKI Jakarta, M Arif Rachman, mengungkapkan bahwa sesuai surat edaran Sekretaris Daerah (SE Sekda) Nomor: 26/SE/2023, Pemprov DKI akan mengadakan salat Iduladha dan kurban dengan tema "Kurban Bukti Cinta kepada Sesama".

Arif menjelaskan bahwa khotib dalam salat Idul Adha 1444 H yakni Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof Dr KH Asrorun Ni'am Sholeh MA.

"Sementara itu, Ustadz H Raden Harmoko, Juara II MTQ internasional Malaysia, akan menjadi imam dalam salat Idul AAdha," katanya.

Lebih lanjut, Arif mengatakan bahwa pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H di tingkat kota dan kabupaten administrasi akan dilakukan di wilayah masing-masing. "Salat Idul Adha juga akan diadakan di lima kantor wali kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu," ujar Arif.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainud Tauhid Saadi, memimpin Sidang Isbat (penetapan) awal Dzhulhijjah 1444 H atau Idul Adha 2023 di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/6/2023).

Sidang Isbat ini diikuti oleh perwakilan ormas Islam, perwakilan duta besar negara sahabat, serta jajaran Kemenag. Sidang tersebut dimulai dengan Seminar Posisi Hilal yang disampaikan oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Dr. Ahmad Izzudin, M.Ag. Sidang berlangsung secara tertutup.

"Berdasarkan posisi hilal di seluruh Indonesia, yang telah berada di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS serta tidak ada laporan mengenai pengamatan hilal, sidang isbat secara mufakat menyimpulkan bahwa 1 Dzulhijjah 1444 H jatuh pada hari Selasa, tanggal 20 Juni 2023 Masehi, dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis, tanggal 29 Juni 2023 Masehi," kata Wamenag Zainud Tauhid.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek