Pesawat Boeing 777 Air India Rute New Delhi-San Francisco Mendarat Darurat di Rusia - inews

 

Pesawat Boeing 777 Air India Rute New Delhi-San Francisco Mendarat Darurat di Rusia

4-5 minutesPesawat Boeing 777 Air India Rute New Delhi-San Francisco Mendarat Darurat di Rusia Ilustrasi pesawat Boeing 777 Air India mendarat darurat di Rusia (Foto: Reuters)

ISTANBUL, iNews.id - Pesawat Air India rute New Delhi, India menuju San Francisco, Amerika Serikat (AS), mendarat darurat di Rusia, Selasa (6/6/2023). Pesawat Boeing 777 yang membawa 216 penumpang dan 16 kru itu mendarat di Bandara Magadan, kota pelabuhan di Laut Okhotsk, akibat salah satu mesinnya mati.

Tak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Maskapai menawarkan beberapa pilihan penerbangan kepada penumpang untuk melanjutkan ke tujuan.

Baca Juga

Pesawat Cessna Tabrak Gunung di Virginia usai Dikejar Jet Tempur F-16 AS

Otoritas penerbangan Rusia menyatakan sedang memeriksa kondisi pesawat serta siap mengeluarkan izin kepada maskapai untuk mendatangkan pesawat pengganti.

Air India tidak bisa membagikan informasi tentang identitas penumpang.

Baca Juga

Pesawat Jet Pribadi Jatuh Setelah Dikejar F-16 di Washington DC, Tak Ada yang Selamat

Pendaratan darurat pesawat Air India itu terjadi sehari setelah Scott Kirby, bos maskapai terbesar di dunia asal Amerika Serikat (AS) United Airlines, mengangkat isu keamanan penerbangan. Dia mempertanyakan keamanan pesawat membawa warga AS yang melalui wilayah udara Rusia.

Baca Juga

Dua Pesawat Asing Parkir di Bandara Kertajati Hampir Setahun, Ini Penjelasan Kemenhub

"Apa yang akan terjadi jika sebuah maskapai penerbangan mendarat di Rusia dengan beberapa warga AS terkenal di dalamnya? Ini adalah potensi krisis yang sedang terjadi. Saya kira kita harus menyelesaikannya sebelum krisis terjadi," kata Kirby.

Rusia melarang maskapai penerbangan AS dan maskapai asing lain menggunakan wilayah udaranya. Langkah itu diambil sebagai pembalasan atas kebijakan serupa yang dijatuhkan AS terhadap penerbangan Rusia terkait invasi ke Ukraina.

Meski demikian maskapai Air India dan beberapa lainnya asal negara Teluk, China, dan Afrika tetap terbang di wilayah udara Rusia. Penggunaan wilayah udara Rusia membuat waktu terbang lebih singkat.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News



Lokasi Tidak Terdeteksi

Anda sedang menikmati berita di sekitar Anda

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda

Baca Juga

Komentar