Ternyata Ini Cara Kampung Krajan Banjarnegara Bisa 'Banjir' Daging Kurban - detik

 

Ternyata Ini Cara Kampung Krajan Banjarnegara Bisa 'Banjir' Daging Kurban

By Uje Hartono
detik.com
June 28, 2023
Penampakan daging hewan kurban menumpuk dan proses penyembelihan distribusi di Dusun Krajan Desa Batur, Banjarnegara.
Penampakan daging hewan kurban menumpuk dan proses penyembelihan distribusi di Dusun Krajan Desa Batur, Banjarnegara.
Banjarnegara -

Antusiasme warga Dusun Krajan Desa Batur, Banjarnegara untuk kurban Idul Adha terbilang tinggi. Mengingat lebih dari separuh warganya ikut berkurban hingga daging menggunung dan mencapai 25 ton di ruang aula.

Padahal, latar belakang warga di Dusun Krajan sangat beragam. Mulai dari petani, pedagang, hingga buruh tani serta pekerja di pasar. Lantas bagaimana mereka berkurban?

Salah satunya adalah dengan cara menabung yang dilakukan setiap lima hari sekali hingga tiga bulan sekali. Hal ini disampaikan Nasir, koordinator tabungan warga untuk berkurban.

"Warga rutin menabung. Ada yang setiap pasaran, yakni 5 hari sekali. Biasanya itu pedagang pasar. Sedangkan petani biasanya rutin 3 bulan sekali setelah panen," ungkap Nasir saat ditemui di Desa Batur, Rabu (28/9/2023).

Besaran uang yang ditabung pun beragam, mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 100 ribu. Jumlah tersebut disesuaikan dengan pendapatan masing-masing warga.

"Ada yang nabungnya Rp 5 ribu setiap hari, kadang lebih. Ada yang banyak Rp 100 ribu jadi tergantung masing-masing warga," katanya.

Uang tersebut dikumpulkan dalam jangka waktu 10 bulan. Nantinya uang yang sudah terkumpul kembali diserahkan kepada warga untuk tambahan membeli hewan kurban.

"Nabungnya jangka waktu hanya 10 bulan. Kalau sudah 10 bulan masih belum cukup, nanti ditambahin sendiri. Tetapi kalau sudah menabung nambahinnya kan tidak banyak," jelasnya.

Kepala Desa Batur Ahmad Fauzi menambahkan lebih dari separuh warga di Dusun Krajan Desa Batur berkurban tahun ini. Bahkan terdapat salah satu RT di Dusun Krajan yang semua KK bisa berkurban.

"Jumlah KK di Dusun Krajan ada 1458 KK. Dari jumlah tersebut 753 warga di antaranya berkurban tahun ini. Bahkan ada salah satu RT setiap KK ikut kurban," ujarnya.

Sebagai informasi, total ada 327 hewan kurban yang disembelih Kampung Krajan tahun ini. Kemudian dari total 1.453 KK, ada 753 KK di antaranya yang menjadi sohibul kurban.

Distribusi daging kurban Kampung Krajan pun ternyata hingga ke kabupaten luar Banjarnegara, mulai dari Cilacap hingga Magelang. Namun, untuk distribusi daging kurban ini melibatkan LazisMu agar tidak disalahgunakan.


Simak Video "Daging Kurban di Kampung Krajan Banjarnegara Melimpah! Capai 25 Ton"
[Gambas:Video 20detik]

(ams/ams)

Baca Juga

Komentar