Pilihan

Teten: Pengelolaan Factory Sharing Harus Ciptakan Konglomerasi Berbasis Usaha Kecil By BeritaSatu

 

Teten: Pengelolaan Factory Sharing Harus Ciptakan Konglomerasi Berbasis Usaha Kecil

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Teten Masduki.
Teten Masduki.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki menekankan keberadaan dan pengelolaan rumah produksi bersama (RPB) atau factory sharing harus diarahkan untuk menciptakan konglomerasi berbasis usaha-usaha kecil.

"Factory sharing yang dikelola koperasi harus dilakukan secara benar dengan standar industri. Pola pikir pelaku UMKM harus sudah mengarah ke industrialisasi," kata Teten Masduki, dikutip Investor Daily, Sabtu (24/6/2023).

Teten menegaskan, factory sharing harus dikelola secara bisnis. Oleh karena itu, Menkop UKM meminta agar hal itu dipersiapkan dengan matang, termasuk koperasi yang akan mengelola factory sharing. Bagi Teten, dengan bergabung dalam satu brand saja, maka akan menciptakan valuasi bisnis yang besar dengan market share yang besar pula.

"Pelaku UMKM jangan lagi sendiri-sendiri, harus dikonsolidasi dan diagregasi lewat koperasi untuk meningkatkan skala usaha," kata Teten.

Lebih dari itu, kata Teten, bila pelaku usaha yang kecil-kecil ini membangun ekonomi kolektif lewat koperasi, maka bisa terbangun efisiensi hingga mampu bersaing secara kompetitif.

"Ini akan menjadi role model untuk pengembangan UMKM ke depan," imbuhnya.

Teten mengatakan, di Nusa Tenggara Timur akan dibangun factory sharing untuk pengolahan produk bambu dan sapi. Sementara di Minahasa Selatan yang kaya akan perkebunan kelapa, akan dibangun pabrik pengolahan kelapa. Nantinya, dari mulai proses produksi, branding produk, izin edar, dan sebagainya, bakal terintegrasi dalam satu factory sharing. Bila unsur higienis standar BPOM terpenuhi, maka produk mudah mendapat izin edar.

"Tahun ini, kita akan membangun delapan factory sharing, sedangkan tahun lalu sudah ada tiga," ucap Teten.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek