Uji Coba Kereta Cepat, Begini Tanggapan Para Awak Media By BeritaSatu.

 

Uji Coba Kereta Cepat, Begini Tanggapan Para Awak Media

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 12, 2023
Kereta Cepat Jakarta Bandung yang tengah melintas.
Kereta Cepat Jakarta Bandung yang tengah melintas.

Jakarta, Beritasatu.com- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Minggu (25/6/2023) melakukan Testing and Commisisiong atau uji coba dan pengawasan kereta cepat Jakarta-Bandung. Dalam kesempatan itu, pihak KCIC bersama dengan Kementerian BUMN mengajak para awak media untuk uji coba melaju dengan kereta cepat tersebut.

Dimulai dari DK13 Bekasi menuju stasiun terakhir yakni Tegalluar Bandung, dengan menggunakan kereta Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi yang berguna untuk mengetahui apakah jalur yang akan dilalui oleh Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta penumpang aman atau tidak.

Sejumlah jurnalis yang mengikuti uji coba tersebut menyatakan sangat antusias, karena ini untuk kali pertama mereka melaju kencang dengan kereta cepat Jakarta-Bandung, dengan stasiun pemberhentian Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Seperti di antaranya Kuntum seorang jurnalis dari Kantor Berita Antara yang menyatakan bahwa awalnya merasa ragu apakah kecepatannya benar 350 km/jam, tetapi ternyata benar melaju dengan kecepatan tersebut.

“Ini pertama kalinya cobain awalnya berasa ragu karena kecepatan 350 km perjam, tidak ada suara dan smooth, cocoklah untuk dicoba lagi”, ucap Kuntum kepada B-Universe.

Insy jurnalis asal Media Indonesia juga menyatakan keseruan menaiki KCJB, hanya dengan kurang lebih 40 menit, sudah tiba di stasiun terakhir yakni Tegalluar Bandung.

“Seru dan benar apa yang dibilang media bahwa minim guncangan dan tidak lama ke Bandung hanya sekitar 40 menitan”, ucap Insy.

Nabil, wartawan asal Kumparan juga menyatakan pengalaman yang unik dan baru. Dengan kecepatan 350 km/jam tidak terasa pusing, dan setelah diuji dengan menggunakan uang koin yang ditaruh diatas meja, tidak ada guncangan serta tidak berpindah.

“Terasa berbeda kecepatannya benar-benar 45 menit sampai, dan ini pengalaman baru ya, nggak pusing walaupun perjalanan panjang seperti yang dicoba koinnya bisa tidak bergerak dan bergoyang,” ujar Nabil saat di dalam kereta CIT.

Sebagaimana diketahui pemerintah akan meresmikan KCJB pada (18/8/2023) mendatang, selain itu akan menggratiskan tiket Kereta Cepat selama 3 bulan pertama beroperasi setelah peresmian.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar