Pilihan

9 Jam Kebakaran Pabrik Kertas di Kudus, 20 Damkar Kesulitan Padamkan Api By BeritaSatu

 

9 Jam Kebakaran Pabrik Kertas di Kudus, 20 Damkar Kesulitan Padamkan Api

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Kebakaran hebat yang membakar sebuah pabrik kertas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Jumat malam hingga kini api terus meluas, Sabtu, 15 Juli 2023.
Kebakaran hebat yang membakar sebuah pabrik kertas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Jumat malam hingga kini api terus meluas, Sabtu, 15 Juli 2023.

Kudus, Beritasatu.com - Kebakaran hebat yang membakar sebuah pabrik kertas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Jumat (14/7/2023) malam hingga kini api terus meluas membakar seluruh bangunan. Sekira sembilan jam pemadam kebakaran kesulitan memadamkan titik api.

Sebanyak 20 pemadam kebakaran dikerahkan. Hingga Sabtu (15/7/2023) pagi sekira pukul 09.30 WIB, sejumlah pemadam kebakaran hingga tangki suplai air dari pemerintah maupun pihak swasta di Kabupaten Kudus keluar masuk untuk memadamkan sebuah pabrik kertas di Jalan Raya Kudus - Pati, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Api membakar pada sebuah gudang penyimpanan kertas siap dikirim di pabrik tersebut. Sehingga material tumpukan kertas dengan cepat meluas dan membakar seluruh bangunan. Kondisi titik api yang berada dalam gudang serta sebagian atap roboh, membuat petugas damkar terpaksa harus menjebol tembok untuk menyemprot titik api.

Relawan pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Huda mengatakan, sejak Jumat (14/7/2023) sekira pukul 23.30 WIB hingga pagi ini petugas damkar masih kesulitan memadamkan api. Selain kondisi luasnya gudang penyimpanan, kondisi tumpukan kertas yang tinggi menyebabkan api sulit dipadamkan hingga lebih dari sembilan jam.

"Rol kertas itu ditumpuk terlalu tinggi jadi untuk pemadamannya agak sulit, terus yang kedua atapnya itu kan seng sudah roboh itu tidak bisa langsung jatuh ke bawah jadi air yang disemprotkan tidak bisa langsung terkena api tapi melalui seng seng tersebut jadi itu yang jadi kendala kami," kata relawan Damkar BPBD Kudus, Huda kepada Beritasatu.com di TKP.

Selain, itu hydrant di pabrik yang terbatas serta suplai air yang terbatas juga menjadi kendala proses pemadaman yang berlangsung cukup lama. Meski begitu petugas gabungan damkar masih terus berupaya menjinakkan si jago merah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Huda juga menyebut, selain membakar gudang penyimpanan pabrik kertas. Lokasi di sisi timur juga bersebelahan dengan sebuah perumahan warga, sehingga petugas ekstra melokalisir api agar tidak menyambar ke permukiman warga.

"Setelah kami datang mengamankan perumahan yang ada di sebelah agar tidak merembet ke belakang karena sebagian sudah terbakar sedikit," terangnya.

Hingga kini sebanyak 20 pemadam kebakaran dari Jumat (14/7) malam hingga Sabtu (15/7) pagi dari pemerintah dan pihak swasta di Kabupaten Kudus masih berjibaku menjinakan si jago merah.

Belum diketahui penyebab kebakaran pada gudang penyimpanan kertas di pabrik kertas di Kudus tersebut, dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek