Pilihan

Cegah Kelumpuhan dengan Vaksin Polio - KENDARIPOS

BNPT Punya Peran Penting dalam Wujudkan Visi Indoneia Emas 2045 By BeritaSatu.

 

BNPT Punya Peran Penting dalam Wujudkan Visi Indoneia Emas 2045

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Ary Ginanjar Agustian
Ary Ginanjar Agustian

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berperan penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Sebagai negara kepulauan yang kaya akan keberagaman budaya dan agama, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara maju dan sejahtera. Namun, ancaman terorisme, seperti intoleransi dan radikalisme, menjadi tantangan yang harus dihadapi.

“Tantangan ini makin kompleks karena akan dihadapi pada tahun 2045, saat terjadi bonus demografi. Oleh karena itu, BNPT memiliki peran utama dalam mengatasi hal ini,” kata pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian, Jumat (28/7/2023).

Dia menekankan pentingnya memperkuat ideologi bangsa agar terhindar dari infiltrasi ideologi yang dapat mengarah pada terorisme.

Fondasi yang kuat untuk hal ini adalah pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila. Ary menyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila harus menjadi bagian dari keyakinan yang mendalam di hati, bukan hanya pengetahuan kognitif semata.

Ary optimistis bahwa Indonesia Emas dapat tercapai jika semua pihak bersiap sejak dini untuk memanfaatkan bonus demografi dengan baik. Perencanaan yang matang menjadi kunci dalam mencapai tujuan tersebut. Hal ini menjadi salah satu tugas utama BNPT yang tengah memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-13 yang puncak perayaannya digelar di Jakarta Theatre, Jumat (28/7/2023).

Menurutnya, untuk menciptakan generasi emas, Indonesia harus menyeimbangkan tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Hal ini diperlukan untuk melahirkan manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan jiwa dan hati.

Indonesia Emas 2045 merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) yang bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara tangguh, mandiri, dan inklusif setelah 100 tahun kemerdekaan.

Salah satu peran penting yang harus ditingkatkan untuk mencapai visi Indonesia Emas, menurut Ary, adalah fungsi pencegahan paham radikal yang berpotensi mengarah pada terorisme. “BNPT juga memiliki peran strategis dalam merawat kebinekaan di Indonesia,” katanya.

Ary mengharapkan BNPT terus maju dan bersemangat dalam membangun Indonesia sejahtera dan bersatu tanpa radikalisme. Dia juga berharap BNPT dapat bekerja sinergi dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek