Eiichiro Oda Akan Operasi Mata, Manga One Piece Hiatus Sebulan - detik

 

Eiichiro Oda Akan Operasi Mata, Manga One Piece Hiatus Sebulan

By Tia Agnes Astuti
hot.detik.com
June 6, 2023
Manga One Piece hiatus selama sebulan, Eiichiro Oda akan menjalani operasi mata. Foto: Istimewa
Manga One Piece hiatus selama sebulan, Eiichiro Oda akan menjalani operasi mata. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kabar tak mengenakkan dibagikan komikus sekaligus pencipta manga One PieceEiichiro Oda. Manga One Piece bakal hiatus atau berhenti terbit sementara waktu selama 4 minggu lamanya atau sebulan.

Informasi itu dibagikan tim manajemen Eiichiro Oda melalui akun Twitter resminya @Eiichiro_Staff.

"ONE PIECE akan hiatus dari Weekly Shonen Jump No 29 sampai ke No 32, karena Oda akan menjalani operasi mata," tulis @Eiichiro_Staff seperti dilihat detikcom, Selasa (6/6/2023).

Pihak manajemen Eiichiro Oda meminta maaf akan pemberitahuan mendadak tersebut. "Kami mohon maaf karena membuat pembaca kami menunggu lebih lama lagi. Dimulainya One Piece kembali dijadwalkan untuk edisi No 33," sambung manajemen Oda.

Eiichiro Oda diketahui bakal menjalani operasi astigmatisme yakni gangguan penglihatan yang disebabkan pada lengkungan lensa atau kornea. Kondisi ini menyebabkan kedua matanya menjadi terdistorsi dan kabur.

Menurut keterangan Oda, kondisi tersebut membuat aktivitas pekerjaannya terganggu.

"Hal ini mengganggu pekerjaan saya. Saya telah mendiskusikannya dengan editor sampai pemimpin redaksi Shonen Jump sejak tahun lalu dan akan mengambil cuti 4 minggu," terangnya.

Di akhir pengumuman tersebut, Oda masih berkelakar tentang kondisi kesehatannya. "Aku akan bisa keluar dari mataku," tulisnya disertai emoticon tertawa.

Selama lebih dari dua dekade menggarap One Piece, Oda kerap mengeluh mengenai kondisi kesehatan sampai pola hidupnya. Dia mengaku jarang makan ketika sedang sibuk mengerjakan komik, terkena hipertensi sampai mengalami encok di bagian pinggang.

"Saya bekerja tanpa makan selama beberapa hari kemudian makan sekaligus ketika saya selesai (mengerjakan manga One Piece), jadi berat badan saya bertambah," kata Eiichiro Oda dilansir dari berbagai sumber.

Sejak tahun 2008, One Piece adalah seri manga shonen (pembaca pria) yang memegang predikat volume penjualan paling banyak. Di posisi kedua, ada Attack on Titan dengan 34 volume, dan Naruto di tempat ketiga dengan 31 volume.

Baca Juga

Komentar