Jaga Kelestarian Laut, Taman Terumbu Karang di Pulau Tidung Diperluas By BeritaSatu

 

Jaga Kelestarian Laut, Taman Terumbu Karang di Pulau Tidung Diperluas

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Taman terumbu karang di Pulau Tidung, Jakarta.
Taman terumbu karang di Pulau Tidung, Jakarta.

Jakarta, Beritasatu.com – Terumbu karang memiliki peranan sangat penting karena secara ekologis menjadi tempat tinggal, berkembang biak dan mencari makan ikan. Pada ekosistem terumbu karang dapat dijumpai ribuan jenis ikan dan tumbuhan, selain itu terumbu karang juga penting sebagai pelindung pantai dan lainnya seperti padang lamun dan hutan mangrove.

Menyadari hal tersebut PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Induk Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey melakukan perluasan pelestarian taman terumbu karang di Pulau Tidung.

"Program ini dilaksanakan guna meningkatkan kelestarian laut dan pesisir Kepulauan Seribu DKI Jakarta, khususnya Pulau Tidung. Di sisi lain, terumbu karang juga memiliki manfaat untuk ekonomi, di antaranya dapat menghasilkan perikanan yang tinggi dan keindahan terumbu karang bisa menjadi devisa bagi negara," ujar Rudy Sunaryadi, Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BKI di Jakarta, Senin (24/7/2023).

Rudy mengatakan BKI menyadari kegiatan pelestarian laut penting dilakukan. Penanaman terumbu karang dikatakannya membawa peran penting bagi lingkungan secara jangka panjang.

Dalam perluasan pelestarian terumbu karang ini diharapkan dapat mengurangi dampak degradasi terumbu karang di Pulau Tidung yang sudah di ambang kehancuran, memberikan tempat tinggal dan berkembang biak bagi biota laut, menciptakan pelindung ekosistem pelindung pantai, dan memecah energi gelombang besar.

“Perluasan pelestarian terumbu karang juga mencegah terjadinya abrasi di pesisir pantai, menjadikan sumber daya laut yang memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi, sebagai laboratorium alam untuk penunjang penelitian dan pendidikan, dan memberikan wawasan tentang melindungi ekosistem laut serta menjaga keseimbangan ekosistem,” kata Rudy.

Pda 2022 yang lalu, BKI telah menanam terumbu karang sebanyak 188 kubus karang dan 752 bibit tangkai karang. Dari program tersebut, aspek ekologis dan ekonomis dapat meningkat.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar

Artikel populer - Google Berita