Kampung Unik di Kebumen, Mau Masuk ke Desa Ini Harus lewat Gua, seperti Ini Suasananya! - inews

 

Kampung Unik di Kebumen, Mau Masuk ke Desa Ini Harus lewat Gua, seperti Ini Suasananya!

inews.id
June 30, 2023
Kampung unik di Kebumen singgah ke Desa Watukelir
Kampung unik di Kebumen singgah ke Desa Watukelir

JAKARTA, iNews.id - Kampung unik di Kebumen sangat menarik untuk dikunjungi. Ya, sudah menjadi hal umum jika Kebumen, Jawa Tengah memiliki destinasi alam menakjubkan untuk dijelajahi.

Selain ada destinasi wisata, Kebumen juga memiliki perkampungan unik yang membuat para pengunjung penasaran. Ada pemandangan atau pengalaman tak biasa jika mengunjungi Desa Watukelir di Kebumen. Bagi pengunjung yang akan singgah ke desa ini harus masuk melalui gua terlebih dahulu. Sangat menarik bukan?

Penasaran, seperti apa keunikan Desa Watukelir di Kebumen ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (1/7/2023).

Kampung Unik di Kebumen

Kampung unik di Kebumen ini berada di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Akses jalan menuju ke desa ini cukup sulit, lantaran harus melalui jalan tanah yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki.

Jembatannya pun masih terbuat dari gelondongan batang pohon kelapa. Bagi yang penasaran ingin mengunjungi desa ini, harus terlebih dahulu melewati hutan yang banyak ditumbuhi pohon kelapa. Dikutip dari akun Youtube BG Channel, Sabtu (1/7/2023), saat perjalanan menuju Desa Watukelir dan bertemu dengan salah seorang warga, pemilik akun YouTube tersebut membenarkan, untuk menuju desa itu harus melalui gua.

"Guanya sebelah situ (sambil menunjukkan arah), memang akses untuk sehari-hari. Gak ada akses lain, hanya bisa jalan kaki,” katanya.

Jalanan setapak ini pun banyak ditumbuhi oleh vegetasi hijau dan pepohonan yang menjulang tinggi. Suasana hutan sangat terasa lembap, untungnya saja cahaya matahari masih bisa menembus pepohonan itu. Berdasarkan keterangan warga lain di kampung tersebut, di balik gua terdapat permukiman warga yang juga tinggal di sana.

"Sekitar 10 rumah lah di perkampungan situ, ini akses satu-satunya dan hanya bisa jalan kaki. Kalau pakai transportasi, motor gak bisa, susah. Licin jalannya, terus jembatannya juga belum ada,” ujar pria tua yang tidak diketahui namanya itu.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Gua Teken

Menurut penuturan warga ini, gua yang menutupi Desa Watukelir dinamakan gua ‘Teken’. Namun, dirinya tak begitu paham mengapa gua itu dinamakan demikian. Karena sudah dikenal dengan nama demikian dari zaman sebelumnya.

“Orang dulu yang ngasih nama. Kalau kita jiwa penerusnya kurang paham. Cuma ngikutin orang tua zaman dulu saja,” ujarnya.

Saat malam, dengan minimnya penerangan pun beberapa warga yang berburu juga masih kerap melintasi jalan yang melalui Gua Teken ini. Gua Teken masih sangat alami, dengan tumbuhan lumut yang tumbuh di dinding-dinding gua serta banyak tetesan dari langit-langit gua yang tidak diketahui pasti dari mana asalnya.

Itulah seputar kampung unik di kebumen yang terpenting di tengah hutan. Warga yang masuk desa harus melewati gua.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar