Pilihan

Kasus DBD Berpotensi Meningkat, Dinkes DKI Imbau Masyarakat Giatkan 3M By BeritaSatu

 

Kasus DBD Berpotensi Meningkat, Dinkes DKI Imbau Masyarakat Giatkan 3M

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 10, 2023
Ilustrasi penderita penyakit demam berdarah dengue.
Ilustrasi penderita penyakit demam berdarah dengue.

Jakarta, Beritasatu.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat ada sebanyak 2.745 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Jakarta sampai dengan 10 Juli 2023. Dinkes DKI melihat ada potensi angka ini terus mengalami peningkatan.

"Ada potensi kenaikan kasus demam berdarah di Jakarta, Dinkes DKI mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran untuk PSN (pemberantasan sarang nyamuk, Red) 3M plus," kata Kasie Surveilans Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama, Selasa (18/7/2023).

PSN 3M plus ini yaitu menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air, serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

3M plus tersebut disarankan dilakukan minimal seminggu sekali. Masyarakat juga diminta untuk memerhatikan kebersihan rumah dengan tidak membiarkan baju-baju menumpuk maupun menggantung.

"Jangan ada baju-baju menggantung yang dapat menjadi sumber sarang nyamuk dan jentik," pesannya.

Ngabila menambahkan, Kemenkes juga menganjurkan agar gerakan satu rumah satu kader jumantik atau juru pemantau jentik dapat terus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek