Pilihan

Kawanan Hiu Tutul Muncul di Perairan Pasuruan By BeritaSatu

 

Kawanan Hiu Tutul Muncul di Perairan Pasuruan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 17, 2023
Hiu Tutul muncul di perairan Pasuruan, Minggu 30 Juli 2023.
Hiu Tutul muncul di perairan Pasuruan, Minggu 30 Juli 2023.

Pasuruan, Beritasatu.com - Kawanan hiu tutul muncul di perairan laut utara Pasuruan, Jawa Timur. Hiu raksasa tersebut diketahui bermigrasi dari Benua Australia ke Laut Jawa untuk mencari makanan, sehingga nelayan diimbau tidak mengganggu kawananan.

Kepala Satpolairud Polres Pasuruan Kota AKP Winardi mengatakan kawanan hiu tutul tersebut sudah muncul sejak 1 pekan lalu. Hiu ini diduga mencari makan, karena stok plankton berlimpah. Ia menyebut, ukuran hiu tutul yang singgah tersebut bisa mencapai 4 meter hingga 8 meter. Mereka datang bergerombol di sepanjang pantai. "Hiu tutul tersebut datang secara bergerombol, karena perairan di Pasuruan di masa sekarang banyak plankton sehingga mengundang hiu tutul," katanya kepada wartawan, Minggu (30/7/2023).

Pihaknya juga langsung patroli serta mengimbau masyarakat dan nelayan untuk tidak mengganggu. Hiu tutul juga termasuk mamalia yang dilindungi seperti tertuang dalam Undang-undang Kelautan dan Perikanan, sehingga harus terus dijaga.

"Kami imbau agar nelayan tidak ganggu habitat Hiu Tutul tersebut karena hiu itu dilindungi pemerintah dan dunia, ada UU-nya," kata dia.

Sementara hiu-hiu itu juga dengan mudah terlihat di perairan Pasuruan. Kawanan yang berjumlah antara 15-20 ekor itu bertebaran di perairan Laut Jawa, 3 mil dari pesisir Kota Pasuruan.

Setelah dirasa cukup di perairan Laut Jawa, kawanan Hiu Tutul tersebut akan kembali ke Benua Australia pada akhir November hingga Desember 2023.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek