Pilihan

Yunani Terapkan Sistem Kerja 6 Hari dalam Seminggu Halaman all - Kompas

Kerusuhan Warnai Diskusi Partai Golkar, Wartawan Turut Dipersekusi - Tempo

 

Kerusuhan Warnai Diskusi Partai Golkar, Wartawan Turut Dipersekusi

Febriyan

Rabu, 26 Juli 2023 15:49 WIB

Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin 24 Juli 2023. Pemeriksaan Airlangga terkait dengan penggalian informasi lebih lanjut pascapenetapan 3 perusahaan sawit sebagai tersangka korporasi perkara dugaan korupsi minyak goreng pada 15 Juni 2023 lalu. TEMPO/Subekti.

TEMPO.COJakarta - Kerusuhan mewarnai acara diskusi bertajuk Selamatkan Partai Golkar di Restoran Pulau Dua, Jakarta Pusat, yang digelar oleh Generasi Muda Partai Golkar (GMPG). Bahkan, kerusuhan terjadi sebelum acara diskusi dimulai.

Mulanya, sekelompok orang yang mengatasnamakan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) mendatangi acara diskusi tersebut. Kerusuhan yang turut melibatkan adu fisik kemudian terjadi antara AMPG dengan GMPG.

Inisiator GMPG Almanzo Bonara nampak beradu mulut dengan pria yang disebut-sebut bernama Alex, perwakilan AMPG. Perdebatan berkutat pada GMPG yang disebut tidak masuk struktur partai dan tidak berwenang mengadakan diskusi serupa.

Adu argumen antar kedua pihak berlangsung cukup lama, sekitar 20 menit. Seorang pria yang mengaku berasal dari Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Partai Golkar turut membela Almanzo dan menyebut acara diskusi sedianya sudah memenuhi kaidah ilmiah. Sebab, kata pria itu, acara ini tak hanya menghadirkan politisi Golkar, melainkan juga sejumlah pengamat.

Represi terhadap jurnalis juga dilakukan di tengah kedua pihak berdebat. Sekelompok orang dengan suara lantang melarang para jurnalis meliput momen tersebut. Seorang jurnalis dari salah satu media nampak dipukul di bagian wajah. Sementara jurnalis lainnya, kala tengah meliput momen tersebut, gawainya direbut seketika dan dilempar.

Adapun acara diskusi hari ini menghadirkan sejumlah politisi Golkar. Dimoderatori oleh Almanzo, acara diskusi menghadirkan politisi Golkar Andi Sinulingga, anggota Dewan Pakar Golkar Ridwan Hisjam, Ketua Organisasi DPD Golkar Papua Max Richard Krey, serta pengamat politik Adi Prayitno dan Pangi Syarwi Chaniago.

Gonjang-Ganjing di Partai Golkar

Partai Golkar tengah digoncang oleh gagasan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) untuk melengserkan Ketua Umum Airlangga Hartarto. Gagasan ini sebelumnya mencuat dari anggota Dewan Pakar Ridwan Hisjam.

Ia menyebut ada permintaan dari para sesepuh partai berlambang pohon beringin tersebut agar Airlangga diganti pasca elektabilitasnya yang tak kunjung naik menjelang Pilpres 2024.

Selain itu, Ridwan turut menyoroti arah koalisi Golkar yang tidak jelas. Adapun saat ini Golkar bermitra dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

“Jadi munaslub dalam rangka mengubah keputusan bahwa Airlangga bukan capres, bisa calon lain. Tapi berpeluang juga karena munaslub maka pergantian Ketum bisa mengarah ke sana, tergantung pemilik suara,” kata Ridwan saat dihubungi, Ahad, 9 Juli 2023.

Ridwan menyatakan ada beberapa sosok yang diproyeksikan mengganti Menteri Perekonomian itu. Di antaranya Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo.

Max Richard Krey mengatakan para pengurus daerah sedianya ingin Munaslub Golkar untuk mengganti Ketua Umum

Respons Terbaru Luhut dan Bahlil soal Kemungkinan Jadi Ketua Umum Golkar Gantikan Airlangga

1 detik lalu

Respons Terbaru Luhut dan Bahlil soal Kemungkinan Jadi Ketua Umum Golkar Gantikan Airlangga

Luhut dan Bahlil santer dikabarkan akan menggantikan posisi Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Ini respons terbaru keduanya.

Kata Airlangga soal Pemukulan Wartawan di Acara Golkar

22 menit lalu

Kata Airlangga soal Pemukulan Wartawan di Acara Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberikan tanggapan ihwal pemukulan seorang wartawan di acara Generasi Muda Partai Golkar (GMPG)

Airlangga: Sejarah Sebut Anyer - Panarukan Dibangun Daendels, Kini Semua Selesai oleh Pak Basuki

1 jam lalu

Airlangga: Sejarah Sebut Anyer - Panarukan Dibangun Daendels, Kini Semua Selesai oleh Pak Basuki

Airlangga mengatakan PUPR saat ini sudah hampir berhasil menyambung jalan dari Anyer sampai Panarukan dengan dana sebesar Rp 32 triliun.

Soal Pemerintah Rencanakan Program Penghapusan Kredit Macet UMKM, Begini Penjelasannya

2 jam lalu

Rencana penghapusbukuan kredit macet UMKM dilontarkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Bagaimana skemanya?

Basuki Kirim Surat ke Airlangga, Minta 8 PSN Ditunda hingga Akhir 2024

3 jam lalu

Basuki Kirim Surat ke Airlangga, Minta 8 PSN Ditunda hingga Akhir 2024

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta ke Menteri Airlangga dispensasi pembangunan tujuh PSN hingga semester II 2024. Ini sebabnya.

Ketua MPR Ingatkan Ancaman Militer dan Non-Militer

5 jam lalu

Bamsoet menegaskan seluruh personel TNI dan Polri harus profesional.

Menguak Seputar Kabar Kabur Munaslub Golkar

5 jam lalu

Menurut Airlangga Hartarto sendiri, partainya tak memiliki rencana untuk menggelar Munaslub Golkar yang menggantikan kepemimpinannya.

Soal Munaslub untuk Dongkel Airlangga, Politikus Golkar: Tak Ada Atensi Kami untuk Itu

5 jam lalu

Soal Munaslub untuk Dongkel Airlangga, Politikus Golkar: Tak Ada Atensi Kami untuk Itu

Melki Laka Lena menyebut gonjang ganjing Partai Golkar merupakan hal yang biasa terutama menjelang penentuan capres dan cawapres.

Posisi Airlangga Hartarto di Golkar Goyah , Bamsoet: Kami Baik-Baik Saja

7 jam lalu

Posisi Airlangga Hartarto di Golkar Goyah , Bamsoet: Kami Baik-Baik Saja

Bamsoet membantah konsisi partainya kini tengah goyah setelah muncul desakan pencopotan Airlangga Hartarto dari posisi ketua umum.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek