Madiun Satu-satunya Daerah di Indonesia Sukses Proyek PJU dengan 7.458 Titik - detik

 

Madiun Satu-satunya Daerah di Indonesia Sukses Proyek PJU dengan 7.458 Titik

By Sugeng Harianto
detik.com
July 18, 2023
Penandatanganan tugu nol KM
Penandatanganan tugu nol KM
Madiun -

Sebanyak 7.458 titik lampu menerangi ruas jalan di Kabupaten Madiun. Bersamaan dengan malam 1 Suro, Kabupaten Madiun menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang telah sukses dalam proyek penerangan jalan umum (PJU) proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (KPBUAPJ).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Pengembangan Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas Drs. Sri Bagus Guritno yang merupakan perwakilan dari KPBU.

"Kabupaten Madiun bukan yang pertama memulai (proyek KPBU) tapi yang pertama menyelesaikan (se-Indonesia)," kata Sri Bagus.

Sri Bagus melanjutkan bahwa Kabupaten Madiun akan menjadi projek percontohan. "Kabupaten Madiun akan jadi percontohan projek KPBU penerangan jalan," papar Sri Bagus.

Bupati Madiun H Ahmad Dawami mengatakan keberhasilan proyek KPBU merupakan kado HUT ke-455 Kabupaten Madiun. Warga diharapkan bisa memanfaatkan 7.458 titik lampu yang tersebar di 15 Kecamatan.

"Proyek kerjasama pemerintah dengan KPBUAPJ yang selesai ini kado HUT ke-455 Kabupaten Madiun. Malam ini (malam 1 Suro) momen tahunan yang lebih penting adalah momen keseharian masyarakat setelah lampu penerangan berfungsi agar dimanfaatkan," tandas Kaji Mbing sapaan akrab Bupati Madiun.

Launching kerjasama Pemkab Madiun dengan KPBUAPJ ini bertempat di Pendopo Tonggo Djumeno, Caruban dimeriahkan dengan seni dongkrek. Dalam akhir acara rombongan Forkopimda meninjau lampu keliling alun-alun diiringi kesenian dongkrek.

Sekaligus penandatanganan tugu nol KM bertempat di alun-alun Reksogati Caruban. Tampak hadir selain Wakil Bupati Madiun H. Hati Wuryanto juga Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo serta semua jajaran OPD Pemkab Madiun.


Simak Video "Akhir Cerita Desa Topeng Monyet di Madiun"
[Gambas:Video 20detik]

(abq/iwd)

Baca Juga

Komentar