Pilihan

Momen Masinis-Asisten Masinis KA Brantas Selamatkan Diri dari Kobaran Api - detik

 Momen Masinis-Asisten Masinis KA Brantas Selamatkan Diri dari Kobaran Api



Semarang -

Video viral yang memperlihatkan pria berjalan di jembatan rel Madukoro Semarang dengan latar kobaran api dari lokomotif dan truk yang tabrakan membuat heboh. Pria itu ternyata asisten masinis bernama Budi Winarno (34). Seperti apa kisahnya?

Budi dan masinis KA Brantas, Ari Wibowo (36) dimintai keterangan di kantor Satlantas Polrestabes Semarang siang ini. Namun keduanya enggan diwawancara wartawan.

Kanit Laka Satlantas Polrestabes Semarang, AKP Adji Setiawan mengatakan keduanya sudah dimintai keterangan termasuk menceritakan soal momen Budi keluar dari lokomotif. Momen itu viral karena Budi tampak berjalan dengan latar kobaran api.

"Pasca-kejadiaan memang Asisten Masinis itu ada yang berjalan ke arah timur, memang di situ posisinya di bawah itu kan api masih membara memang harus melintas ke arah timur," kata Adji di kantornya, Jumat (21/7/2023).

Saat peristiwa tabrakan KA Brantas dengan truk trailer pada Selasa (18/7) sempat ada ledakan. Saat api berkobar itu, masinis keluar lewat dek lokomotif ke gerbong penumpang untuk meminta penumpang mundur ke gerbong belakang.

Kemudian saat Asisten Masinis hendak keluar, api mulai besar. Dia menyelamatkan diri dengan melewati jembatan dan berjalan ke timur arah Jalan Kokrosono.

"Untuk masinis, dalam BAP kami, beliau memang berjalan ke gerbong penumpang mengingat masih ada nyala api kemudian menyampaikan ke belakang karena masih ada nyala api. Dia lewat dek lokomotif," jelas Adjie.

Terpisah, Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Ixfan Hendri Wintoko juga menjelaskan Masinis dan Asistennya menjalankan SOP dengan baik. Pengamanan lokomotif dan penyelamatan penumpang sudah sesuai.

"Kami sampaikan tindakan asisten masinis untuk menjaga dan pertahankan lokomotifnya hingga aman hingga keselamatan dirinya juga dia ingin menyelamatkan penumpang di belakangnya, ada sekitar 626 penumpang kemarin. Jadi tindakan yang dilakukan masinis untuk menyelamatkan kondisi dirinya dan lokomotif yang dibawa sudah sesuai SOP," jelas Ixfan.

"Kemudian dia memberitahukan kepada kru yang ada di belakangnya dan pelanggan yang Naim di KA eksekutif satu juga suruh bergeser, antisipasi ada kobaran api yang semakin meningkat. Ternyata Alhamdulilah di situ dekat Damkar jadi bisa langsung dilakukan tindakan," sambungnya.

Dalam peristiwa itu sempat ada ledakan dan kebakaran. Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun salah satu penumpang terluka dan mengalami dislokasi tulang kaki karena melompat dari gerbong.

(ams/dil)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek