Mustika Ratu Jadikan Malaysia Hub untuk Masuk ke Pasar Negara Muslim By BeritaSatu - Opsiin

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Mustika Ratu Jadikan Malaysia Hub untuk Masuk ke Pasar Negara Muslim By BeritaSatu

Share This

 

Mustika Ratu Jadikan Malaysia Hub untuk Masuk ke Pasar Negara Muslim

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
PT Mustika Ratu Tbk menggelar kegiatan public expose, di Jakarta, Jumat, 30 Juni 2023.
PT Mustika Ratu Tbk menggelar kegiatan public expose, di Jakarta, Jumat, 30 Juni 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) akan memperkuat cabangnya di Malaysia sebagai hub untuk masuk ke pasar negara-negara muslim di seluruh dunia. Mustika Ratu juga telah memperoleh persetujuan izin prinsip divestasi aset entitas anak perseroan berupa properti yang dibeli atas nama PT Mustika Ratu (M) Sdn. Bhd pada 1996. Rencana divestasi ini berpotensi untuk pengembangan bisnis entitas anak perseroan di pasar internasional.

Presiden Direktur Mustika Ratu, Bingar Egidius Situmorang menyampaikan, langkah perseroan menjadikan Malaysia sebagai hub dilakukan karena dua alasan besar. Pertama, Mustika Ratu bisa lebih kuat untuk masuk ke pasar negara muslim. Apalagi selama ini Malaysia telah menjadi hub untuk produk-produk halal ke negara lain, antara lain ke Asia Tengah hingga ke Eropa

"Kita melihat ini bisa menjadi loncatan yang lebih memudahkan kita untuk penetrasi ke negara-negara muslim. Jadi kita menggunakan Malaysia sebagai halal product hub kita," kata Bingar Egidius Situmorang dalam paparan publik secara virtual, Jumat (30/6/2023).

BACA JUGA

Alasan kedua adalah untuk optimalisasi logistik. Pasalnya posisi Malaysia berdekatan dengan Singapura, sehingga Mustika Ratu bisa memanfaatkan jejaring supply chain untuk masuk ke beberapa negara lain agar lebih mudah dan efisien.

"Biayanya akan lebih terjangkau atau lebih efisien daripada kita dengan jumlah atau volume yang kecil, kemudian kirim langsung dari Jakarta Port. Jadi ini yang mau kita maksimalkan, kita kirim ke Malaysia dalam jumlah besar untuk kebutuhan masyarakat Malaysia, Singapura, dan negara-negara lain, dan untuk pengiriman atau logistik ke negara lain yang volumenya masih kecil karena masih dalam pengembangan, itu digabungkan dengan shipping dari produk perusahaan lain melalui port Singapura yang sangat dekat dengan Malaysia," jelas Egidius.

Langkah ini menurutnya akan memudahkan Mustika Ratu untuk memaksimalkan peluang-peluang yang ada tanpa harus tertekan oleh biaya shipping internasional yang saat ini cukup mahal.

Sebelumnya di 2022, PT Mustika Ratu Tbk berhasil mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 285,18 miliar. Pada penjualan online produk unggulan seperti Brightening Bengkoang Series dan Instabright Glow, mengalami pertumbuhan sebesar 162% dibandingkan 2021. Selain itu, produk Face Care dan Beauty Queen juga mengalami pertumbuhan yang positif masing-masing sebesar 43% dan 17%.

Egidius menambahkan, selain inovasi produk, perseroan juga terus memperkuat distribusi dengan go-to-market strategy produk
dalam kategori holistic beauty dan kategori health and wellness melalui semua channel outlet yang relevan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages