Netizen Indonesia dan Malaysia Bersatu Rujak The 1975 CNN Indonesia - CNN Indonesia

 

Netizen Indonesia dan Malaysia Bersatu Rujak The 1975

CNN Indonesia
Senin, 24 Jul 2023 08:51 WIB
Tingkah band The 1975 yang melecehkan hukum di Malaysia dan memamerkan aksi ciuman sesama jenis membuat marah netizen Indonesia dan Malaysia.
Tingkah band The 1975 yang melecehkan hukum di Malaysia dan memamerkan aksi ciuman sesama jenis membuat marah netizen Indonesia dan Malaysia. (Getty Images via AFP/Dia Dipasupil)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kontroversi tingkah band The 1975 yang memaki hukum anti-LGBT Malaysia dan memamerkan aksi ciuman sesama jenis di atas panggung Kuala Lumpur membuat marah netizen Indonesia dan Malaysia.

Hal itu terlihat dari komentar kicauan Iga Massardi pada Sabtu (22/7) dan viral. Pentolan Barasuara itu tampak heran dengan aksi Matty Healy vokalis The 1975 yang enggan menghargai hukum di Malaysia.

Lihat Juga :

Dari sana, sejumlah netizen Malaysia bahkan meminta tolong kepada publik Indonesia untuk membela mereka dan melawan aksi The 1975. Jakarta sebelumnya jadi tujuan The 1975 setelah dari Kuala Lumpur.

Permintaan itu pun banyak diamini oleh netizen Indonesia. Tak sedikit pula yang justru terjadi percakapan 'akur' antara netizen dua negara yang kerap saling ribut di dunia maya ini.


CNNIndonesia.com sudah meminta izin netizen di atas untuk mengutip unggahan mereka.

Kekompakan itu pun tak cuma terjadi di Twitter, tapi juga di Instagram. Unggahan teranyar band The 1975 di Instagram banjir hujatan dari netizen Malaysia dan Indonesia. Tak sedikit orang Indonesia yang mencela aksi The 1975 melecehkan hukum di Malaysia.

"Eat your own sh*t.." tulis Eno NTRL di kolom komentar.

"Learn how to respect and attitude okey @the1975 we stand with Malaysia brother," tulis Aldi Taher.

"Mending sheila on1975," komen netizen lainnya.

Bukan cuma netizen, Duta Sheila on 7 pun sempat menyindir The 1975. Sheila on 7 ditunjuk menjadi penampil pengganti The 1975 yang batal manggung di WTF 2023 karena kontroversi itu.

Pilihan Redaksi

Di awal set, Duta sempat menyapa para penonton dengan singkat dan berkelakar soal momen kontroversial vokalis Matty Healy yang mencium pemain bas bandnya, Ross MacDonald.

"Tadi di belakang ada yang nanya, jangan-jangan Duta nanti mencium Adam (pemain bas So7)," kata Duta disambut gelak tawa para penonton, Minggu (23/7). "Saya kasih tahu ya, saya ya milih-milih lah. Masa Adam?"

Momen Duta menyindir sikap The 1975 juga sempat terjadi di awal penampilan. Usai lagu pertama, Duta sempat memperkenalkan nama band Sheila on 7 dengan bahasa Inggris aksen Britania, negara asal The 1975.

"Sehat semuanya? Perkenalkan, kami Sheila f**kin' Seventy," ujar Duta merujuk pada angka seventy five (75), penyebutan nama band The 1975.

Fans The 1975 di Indonesia pun tak menutupi rasa kecewa mereka bahwa band Inggris tersebut kini tersandung masalah hingga batal tampil di Jakarta sebagai imbas aksi ciuman sesama jenis di Malaysia.

Akun komunitas penggemar The 1975 di Instagram bahkan menyebut bahwa mereka juga kena serangan dari para pembenci band itu dan pembenci LGBT akibat aksi Matty Healy cs melanggar hukum di Malaysia.

"The 1975, kami semua sungguh terluka dan kecewa, tapi mungkin kali ini, ini keputusan terbaik. Semoga kita bisa bertemu lagi," kata akun basis penggemar The 1975 di Indonesia lewat unggahan Instagram Story @the1975indonesiaofficial.

Di Kuala Lumpur pada Jumat (21/7), vokalis The 1975, Matty Healy mengungkapkan ketidaksukaannya pada hukum anti-LGBT yang diterapkan di Malaysia. Bahkan protes itu berjalan lebih jauh dengan berciuman dengan bassist band yang juga seorang pria, Ross MacDonald.

"Saya membuat sebuah kesalahan. Ketika kami melihat acara yang sudah dijadwal, saya tak melihat ke sana," kata Matty Healy di atas panggung Good Vibes Festival 2023.

"Saya tak melihat poin penting... mengundang the 1975 ke sebuah negara dan kemudian mengatakan ke kita kepada siapa kita bisa berhubungan seks," kata Healy.

"Saya minta maaf bila itu menyinggung kalian, dan kalian religius, tapi pemerintah kalian sungguh parah. Saya tak peduli lagi, bila kalian memaksa, saya akan balas. Saya sudah tak minat lagi," lanjutnya.

(end)

Baca Juga

Komentar