Pendaki Ditemukan Tewas Meringkuk di Gunung Lawu, Diduga Hipotermia - inews

 

Pendaki Ditemukan Tewas Meringkuk di Gunung Lawu, Diduga Hipotermia

jatim.inews.id
July 23, 2023
Ilustrasi Gunung Lawu
Ilustrasi Gunung Lawu

MAGETAN, iNews.id - Seorang pendaki ditemukan tewas di pos 3 puncak Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Dia diduga mengalami hipotermia.

Jenazah korban berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan dalam kondisi utuh tanpa luka, meringkuk kedinginan.

Saat proses evakuasi, pintu masuk pendakian puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan pada Minggu (23/7/2023) pagi ditutup sementara waktu oleh pihak Perhutani dan polsek setempat.

Penutupan jalur pendakian dilakukan untuk memudahkan proses evakuasi seorang pendaki yang meninggal di pos 3 puncak Gunung Lawu, Magetan.

Dari keterangan petugas pos jaga, korban diketahui bernama Lasmianto (49) asal Desa Mantren, Kecamatan Karangrejo, Magetan.

Korban yang diketahui mendaki dengan misi ritual bulan suro tersebut naik bersama puluhan rombongan lainnya. Namun, karena misi ritual, korban memiliki tujuan sendiri saat perjalanan ke puncak Gunung Lawu.

Nahas, korban ditemukan oleh pendaki lain pada Minggu pagi di pos 3 jalur puncak via Cemoro Sewu dalam kondisi meninggal. Korban ditemukan meringkuk kedinginan.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Kapolsek Plaosan AKP Joko Yuhono mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan visum luar oleh tim inafis Polres Magetan dan tim medis puskemas setempat, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan atau luka karena terjatuh pada tubuh korban.

Diketahui, saat ini puncak Gunung Lawu mengalami cuaca dingin ekstrem. Bahkan, pada Sabtu 22 Juli 2023 malam tercatat suhu di puncak mencapai minus 7 hingga 8 derajat celsius.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Baca Juga

Komentar