Pilihan

Polandia Ketar-ketir 100 Tentara Wagner di Perbatasan, Bisa Menyusup - CNN Indonesia

 

Polandia Ketar-ketir 100 Tentara Wagner di Perbatasan, Bisa Menyusup

Minggu, 30 Jul 2023 03:35 WIB
Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengatakan lebih dari 100 personel tentara bayaran asal Rusia, Wagner Group, kini berada di perbatasan negaranya.
Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengatakan lebih dari 100 personel tentara bayaran asal Rusia, Wagner Group, kini berada di perbatasan negaranya. (AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, mengatakan lebih dari 100 personel tentara bayaran RusiaWagner Group, kini berada di dekat perbatasan negaranya.

Morawiecki mengaku mendapatkan informasi bahwa tentara-tentara Wagner itu kini tak jauh dari Grodno, kota di barat Belarus yang dekat dengan perbatasan antara Polandia dan Lithuania.

Dalam pernyataannya pada Sabtu (29/7), Morawiecki kembali menggarisbawahi kekhawatirannya selama ini bahwa tentara Wagner bisa menyamar sebagai petugas perbatasan Belarus dan membantu para imigran menyusup.

Menurutnya, Wagner dapat melakukan aksi itu untuk memicu ketidakstabilan di Polandia. Namun, ia juga mengungkap kemungkinan lainnya.

"Mereka mungkin menyamar sebagai petugas perbatasan Belarus dan membantu imigran ilegal masuk Polandia, membuat Polandia tidak stabil, tapi mereka juga bisa menyusup ke Polandia berpura-pura menjadi imigran ilegal dan itu menambak risiko," ucapnya, seperti dikutip CNN.

Morawiecki lantas mengeluhkan bahwa sejak awal tahun ini saja, sekitar 16 ribu imigran berupaya menyusup ke Polandia karena "desakan" Presiden Belarus, Alexander Lukashenko, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Hingga kini, belum diketahui pasti alasan pasukan Wagner berada di Grodno. Namun, markas Wagner memang dipindahkan ke Belarus setelah tentara pimpinan Yevgeny Prigozhin itu sempat berupaya menggulingkan pemerintahan Rusia.

Jika benar pasukan Wagner berada di perbatasan Polandia, negara-negara NATO dan Uni Eropa diprediksi kuat bakal naik pitam.

Pasalnya, Grodno terletak di dekat Suwalki Gap, yaitu tanah di perbatasan Lithuania dan Polandia. Letak kawasan itu menjadi sangat penting karena dikelilingi Rusia, Belarus, dan dua negara NATO, yaitu Lithuania dan Polandia.

Alhasil, meski garis perbatasan itu hanya 96 kilometer, jalur tersebut sangat penting. Jalur itu bahkan disebut-sebut sebagai kawasan paling berbahaya di dunia karena pergerakan yang salah sedikit saja bisa memicu konflik besar antara Rusia dan NATO.

(has/has)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek