Presiden Jokowi Ingatkan Kejaksaan Punya Kewenangan Besar: Harus Profesional dan Bertanggung Jawab - inews

 Presiden Jokowi Ingatkan Kejaksaan Punya Kewenangan Besar: Harus Profesional dan Bertanggung Jawab

Presiden Jokowi Ingatkan Kejaksaan Punya Kewenangan Besar: Harus Profesional dan Bertanggung Jawab Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan amanat di upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Sabtu (22/7/2023). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Kejaksaan dapat memanfaatkan kewenangannya secara profesional dan bertanggung jawab. Menurut Jokowi, kejaksaan memiliki kewenangan yang sangat besar.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan amanat sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63. Upacara digelar di lapangan Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan, Jalan RM Harsono, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2023)

"Kita tahu kewenangan Kejaksaan itu sangat besar, sekali lagi kewenangan Kejaksaan itu sangat besar. Kewenangan penyidikan, kewenangan penuntutan, kewenangan perampasan, dan pengembalian aset serta masih ada kewenangan-kewenangan lainnya. Kewenangan besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan bertanggung jawab," katanya.

Jokowi pun mengucapkan selamat kepada Kejaksaan Republik Indonesia yang selalu bertugas dengan menegakkan hukum dan menjunjung tinggi keadilan.

"Kepada seluruh keluarga besar Kejaksaan Republik Indonesia di mana pun bapak ibu sedang bertugas, saya menyampaikan selamat Hari Bhakti Adhyaksa yang ke-63. Bakti bapak ibu sangat dibutuhkan rakyat Indonesia, bakti untuk menegakkan hukum, bakti untuk menjunjung keadilan, bakti untuk kemajuan Indonesia," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengaku senang dengan tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan yang terus meningkat hingga saat ini.

"Saya senang trust terhadap Kejaksaan, kepercayaan publik terhadap Kejaksaan terus meningkat. Merujuk pada salah satu lembaga survei di Agustus tahun 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan sebesar 75,3 persen itu tahun 2022 bulan Agustus. Sekarang di Juli 2023 tingkat kepercayaan publik terhadap kejaksaan mencapai 81,2 persen," kata Jokowi.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


KOMENTAR

Artikel Terkait

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

Baca Juga

Komentar