Sering Keluhkan Gejala Asam Urat, Coba Bahan-Bahan Alami Ini untuk Mengatasinya - inews

 

Sering Keluhkan Gejala Asam Urat, Coba Bahan-Bahan Alami Ini untuk Mengatasinya

inews.id
July 4, 2023
Makanan dan minuman ini bisa bantu mengatasi dan mencegah asam urat.
Makanan dan minuman ini bisa bantu mengatasi dan mencegah asam urat.

JAKARTA, iNews.id - Penyakit asam urat merupakan salah satu keluhan umum bagi masyarakat. Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang biasanya terjadi pada sendi mana pun, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering, jempol kaki.

Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Pada waktu tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan.

Keluhan lainnya yakni bengkak, hingga dibarengi rasa panas yang membuat penderitanya tak nyaman dan cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nah, gaya hidup, termasuk makanan menjadi salah satu cara untuk membantu menurunkan risiko penyakit asam urat. Anda bisa mencoba bahan-bahan alami ini untuk mengatasi gejala asam urat yang mengganggu.

Apa saja sih? Berikut informasi lengkapnya, seperti dirangkum pada Selasa (4/7/2023).

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

1. Pisang

Jika Anda menderita asam urat, cobalah mengonsumsi pisang setiap hari. Sebab, pisang secara alami sangat rendah purin, senyawa alami yang terurai menjadi asam urat, sehingga cocok dan jadi pilihan yang baik untuk Anda.

2. Teh Hijau

Tak hanya baik untuk menurunkan berat badan, beberapa penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau dapat menurunkan produksi asam urat dalam tubuh. Itu sebabnya ini menjadi minuman yang baik bagi penderita asam urat.

3. Buah kaya vitamin C

Buah-buahan yang kaya dengan vitamin C seperti jeruk, lemon, pepaya, dan nanas, dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi secara alami. Di antara semua jenis citrus, buah amla cukup direkomendasikan.

Amla dapat dikonsumsi sebagai buah utuh, jus, atau dalam bentuk bubuk.

4. Ceri

Selain pisang, Ceri memiliki komponen anti-inflamasi alami yang disebut anthocyanin. yang menurunkan kadar asam urat.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Arthritis and Rhemotology’ menemukan, orang yang mengonsumsi ceri menunjukkan risiko serangan asam urat yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dengan mengurangi peradangan, ceri juga mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian Anda. Itulah bahan-bahan alami yang bisa mengatasi asam urat.

Namun, bila kondisi asam urat Anda tak kunjung membaik, sebaiknya Anda melakukan konsultasi kepada dokter Anda.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar