Pilihan

Terungkap! JIS Tak Jadi Venue Piala Dunia U-17 Bukan karana Politik, Ternyata Gegara Hal Ini - Viva

 

Terungkap! JIS Tak Jadi Venue Piala Dunia U-17 Bukan karana Politik, Ternyata Gegara Hal Ini



Sabtu, 1 Juli 2023 - 10:24 WIB
Oleh :
Share :

Cianjur – Jakarta International Stadium (JIS) diprediksi akan menjadi venue Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan bakal digelar pada November mendatang.

Itu karena gelaran Piala Dunia U-17 bentrok dengan konser Coldplay yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sehingga pemerintah melirik JIS.

Sebetulnya, Indonesia tidak kekurangan stadion berkualitas untuk menggelar ajang dua tahun sekali ini. Seperti Gelora Bung Tomo, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Sriwijaya dan I Wayan Dipta, yang sebelumnya juga disiapkan untuk Piala Dunia U-20, tapi dibatalkan.

Kendati demikian, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan bahwa Jakarta International Stadion belum layak digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-17.

"Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang seharusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu. Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter," tutur Menteri BUMN tersebut, dilansir berita VIVA sebelumnya, Rabu (28/6/2023).

Pernyataan tersebut membuat sebagian netizen berpikir serta berkomentar di media sosial Twitter hingga menjadi trending, ketidaklayakan JIS ada kaitannya dengan politik. Bagaimana tidak, JIS mulai dibangun kembali pada masa mantan Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan.

Dimana mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut kini akan mencalonkan menjadi Presiden. Hal inilah yang membuat sebagian netizen berpikir, jika Piala Dunia U-17 berhasil dilaksanakan di JIS maka nama Anies Baswedan akan semakin dikenal.

Erick Thohir sebagai Ketua Umum menegaskan bahwa Jakarta International Stadium memiliki kendala akses penonton dan area parkir yang sangat terbatas. Selain itu juga yang paling penting adalah keselamatan penonton, stadion tersebut memiliki satu jalur akses penonton yang baru di buka, seharusnya ada empat pintu.

Sementara itu, Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan kepada publik terkait rencana renovasi Jakarta International Stadium bersama dengan Ketum PSSI.

"Saya nanti dengan Menteri BUMN dan pihak terkait akan statement di minggu depan. Nggak lama-lama kok paling satu minggu," kata Heru pada wartawan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Juni 2023.

Sedangkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi menginginkan JIS segera direnovasi supaya menjadi stadion yang sesuai standar FIFA.

"Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini, karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar (FIFA)," kata Dito di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu 1 Juli 2023, dilansir berita VIVA sebelumnya.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek