Turki Ingin Ikut Serta dalam Pembangunan IKN Nusantara By BeritaSatu

 

Turki Ingin Ikut Serta dalam Pembangunan IKN Nusantara

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 26, 2023
Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar konferensi pers usai pertemuan bilateral, di Jakarta, Sabtu, 15 Juli 2023.
Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menggelar konferensi pers usai pertemuan bilateral, di Jakarta, Sabtu, 15 Juli 2023.

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki Hakan Fidan menyampaikan keinginan negaranya untuk ikut serta dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hakan menilai Turki memiliki kontraktor-kontraktor konstruksi yang handal untuk membantu Indonesia dalam mewujudkan proyek IKN Nusantara.

Kesiapan kerja sama Turki di IKN ini disampaikan oleh Hakan saat pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi, di Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Menurut Fidan, konstruksi bisa menjadi sektor yang dapat dijajaki bersama oleh Indonesia dan Turki, guna mempererat hubungan bilateral. Sektor konstruksi bisa menjadi bidang baru yang bisa dikerjasamakan, Red), apalagi dalam kerangka membangun IKN Nusantara.

“Kontraktor Turki cocok dan berpengalaman untuk mewujudkan proyek-proyek besar,” kata Fidan kepada wartawan usai pertemuan bilateral tersebut.

Ilustrasi pembangunan Ibu Kota Nusantara.
Ilustrasi pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Laporan European Construction Industry Federation mencatat, sektor konstruksi memang berperan besar pada perekonomian Turki. Sektor ini menyumbang 5,4% produk domestik bruto (PDB) Turki dan mempekerjakan 1,5 juta orang di tahun 2020.

Perusahaan konstruksi Turki juga terus memperluas jejak global mereka dengan mencatatkan proyek baru senilai € 12,8 miliar. Perusahaan Turki juga merealisasikan 10.700 proyek senilai € 361 miliar di lima benua dan 128 negara selama lima dekade terakhir.

Diketahui, pembangunan IKN membutuhkan investasi sebesar Rp 466 triliun. Sekitar 20% dana pembangunannya akan berasal dari APBN, sedangkan sisanya berasal dari sektor swasta. Pada awal bulan Juni 2023, Pemerintah menargetkan pengembangan IKN tahap satu selesai pada tahun 2024. Pemerintah juga berencana melaksanakan upacara kemerdekaan tahun 2024 di IKN.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar