Pilihan

Viral Transkrip Komunikasi Kapal Selam Titanic Sebelum Meledak - detik

 

Viral Transkrip Komunikasi Kapal Selam Titanic Sebelum Meledak

By Adi Fida Rahman
detikcom
July 4, 2023
Viral Transkrip Komunikasi Kapal Selam Titanic Sebelum Meledak. Foto: AP/Paul Daly
Viral Transkrip Komunikasi Kapal Selam Titanic Sebelum Meledak. Foto: AP/Paul Daly
Jakarta-

Viral screenshot transkrip di media sosial diklaim komunikasi terakhir Titan dengan kapal induknya sebelum hilang kontak dan dinyatakan meledak.

Screenshot transkrip tersebut beredar di TikTok dan Twitter. Namun hingga kini transkrip tersebut belum dipastikan keasliannya.

Dilansir dari laman Hitc, isi percakapan awak di kapal selam Titanic dengan The Polar Prince dilakukan sebelum misi berlangsung hingga hilang kontak. Diawali pada pukul 7:52 pagi ketika kapal diduga memberi tahu penumpang di kapal Titan bahwa mereka "boleh turun" ke Titanic dan kapal selam perlahan mulai turun ke laut.

"Selamat menikmati para penyelam," kata kapal induk sebelum meminta mereka untuk melakukan "pemeriksaan sistem" dan mengatakan bahwa mereka "baik untuk melanjutkan".

"Semua sistem berfungsi normal. Kami dalam kondisi yang baik. Melanjutkan penurunan kami sesuai rencana, "kata kapal itu pada pukul 8:34 pagi.

Mereka melanjutkan kontak dengan The Polar Prince dan mengkonfirmasi kedalaman mereka saat ini 45 menit setelah penyelaman, dengan "semua sistem stabil dan terus turun".

Transkrip mengatakan semuanya masih "berlayar mulus" dan "terkendali" pada 75 menit. Namun setelahnya seperti terjadi masalah.

Pada pukul 09:28, transkrip tersebut mengatakan bahwa kru memperhatikan alarm dari Sistem Pemantauan Waktu Nyata (RTM) dan mengurangi kedalaman penurunan kecepatan Titan.

"Apakah kamu perlu naik?" tanya kapal, yang menurut Titan mereka "akan melepaskan pemberat" dan "membuang rangka".

Mereka kemudian memulai pendakian tetapi naik lebih lambat dari yang diharapkan menurut teks. Transkrip itu mengatakan bahwa komunikasi terputus pada pukul 09:46.

"Kami tidak menerimamu. Tolong perbarui, "kata Polar Prince. "Laporan status dan kedalaman. Kami membutuhkan Anda untuk merespons dengan status dan kedalaman.

"Kami tidak dapat membaca Anda. Kami pindah ke koordinat pemulihan. Laporkan jika Anda membaca."

Komunikasi terakhir dilakukan pada pukul 9:57 pagi ketika kapal induk secara tragis memohon: "Tolong tanggapi jika Anda bisa."

Bikin Warganet Sedih

Membayangkan para penumpang mungkin mengetahui ada yang salah dengan kapal tersebut dan mencoba kembali ke permukaan sebelum meledak membuat warganet yang membaca isi transkrip percakapan sedih.

Satu netizen mengomentari transkrip di TikTok mengatakan: "Jika ini nyata, mereka harus menahan tekanan selama 18 menit sebelum ledakan. Betapa menakutkannya."

"Mereka tahu mereka dalam masalah. Bayangkan perasaan tidak berdaya. Mendengarkan suara-suara itu pasti mengerikan,"
kata yang lain.

Lainnya menambahkan: "Itu memilukan. Segala sesuatu tentang perjalanan ini sangat menyedihkan."

Saksikan Live DetikPagi:

Simak Video "AS Usut Penyebab Kapal Selam Titanic Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek