Pilihan

Waduh! Presiden Belarusia Lukashenko Isyaratkan Pasukan Wagner Sudah Tak Sabar Serbu Polandia - inews

 

Waduh! Presiden Belarusia Lukashenko Isyaratkan Pasukan Wagner Sudah Tak Sabar Serbu Polandia

inews.id
July 23, 2023
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, berbincang-bincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, saat keduanya bertemu di Saint Petersburg, Rusia, Minggu
Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, berbincang-bincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, saat keduanya bertemu di Saint Petersburg, Rusia, Minggu

ST PETERSBURG, iNews.id – Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menyebut pasukan Grup Wagner mulai “mengganggunya”. Pasalnya, tentara bayaran Rusia itu sudah tak sabar untuk bergerak ke Barat.

Hal itu diungkapkan Lukashenko kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, saat keduanya bertemu di St Petersburg pada Minggu (23/7/2023). Seperti diketahui, Grup Wagner kini sedang berada di Belarusia, setelah kelompok tentara swasta pimpinan Yevgeny Prigozhin itu melancarkan pemberontakan yang singkat di Rusia, bulan lalu.

“Mungkin saya seharusnya tidak mengatakan ini, tapi saya akan mengatakannya. Para anggota Grup Wagner sudah mulai ‘mengganggu’ kami (Belarusia),” ujar Lukashenko.

Menurut dia, para prajurit Wagner mengatakan bahwa mereka ingin pergi ke Barat, “berjalan-jalan” ke Warsawa dan ke Rzeszow (dua kota di Polandia). Mereka bahkan sudah meminta izin kepada Lukashenko.

Polandia berbatasan langsung dengan Belarusia. Negara bekas sekutu Uni Soviet itu kini dikenal sebagai salah satu anggota NATO yang paling getol membela Ukraina.

“Saya menahan mereka (agar tetap berada) di pusat Belarusia, seperti yang telah kita sepakati. Dan saya tidak ingin memosisikan mereka di sana karena mood mereka sedang jelek,” kata Lukashenko.

Grup Wagner merebut markas militer Rusia di Kota Rostov-on-Don, di bagian selatan negara itu pada malam 23 Juni. Pasukan pimpinan Prigozhin itu bahkan mulai bergerak menuju Moskow keesokan harinya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga
Erdogan Sebut Ukraina Layak Jadi Anggota NATO, Apa Kata Putin?
Erdogan Sebut Ukraina Layak Jadi Anggota NATO, Apa Kata Putin?

Prigozhin menggambarkan aksi pemberontakan kelompoknya itu sebagai tanggapan atas perlakuan buruk Kementerian Pertahanan Rusia terhadap pasukan Wagner di medan pertempuran Ukraina. Namun, Prigozhin akhirnya setuju untuk menyudahi pemberontakan itu setelah bernegosiasi dengan Lukashenko—yang bertindak atas koordinasi dengan Putin.

Awal bulan ini, Kementerian Pertahanan Belarusia menyatakan bahwa Grup Wagner akan melatih Angkatan Bersenjata Belarusia.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek