Pilihan

Wapres Ingatkan Pernikahan Dini Banyak Mudharatnya: Berisiko Hasilkan Anak Stunting - inews

 

Wapres Ingatkan Pernikahan Dini Banyak Mudharatnya: Berisiko Hasilkan Anak Stunting

inews.id
July 6, 2023
Wapres Ma
Wapres Ma'ruf Amin saat sambutan acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyoroti masih tingginya angka pernikahan dini di Indonesia. Dia pun mengingatkan pernikahan dini banyak mudharatnya (bahaya) karena berisiko menghasilkan generasi stunting.

“Patut menjadi keprihatinan kita bersama masih relatif tingginya angka pernikahan anak. Pernikahan anak ini mesti kita hindari karena lebih banyak mudharatnya, bahayanya, daripada manfaatnya, termasuk berisiko lebih tinggi menghasilkan anak stunting,” kata Wapres saat sambutan acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 di Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis (6/7/2023).

Wapres mengatakan faktor utama tingginya pernikahan ini karena banyak yang berpendapat agama tidak melarang.

“Memang, secara umum agama tidak melarang tetapi perkawinan dini, di bawah umur itu membawa kemudahan yaitu bahaya, berbagai macam bahaya termasuk juga stunting. Setiap sesuatu yang membawa bahaya itu dilarang oleh agama,” kata Wapres.

Menurut dia, Nabi Muhammad SAW mengatakan jangan membahayakan diri sendiri, jangan membahayakan orang lain. “Dan setiap bahaya harus dihindari, harus dihilangkan harus ditangkal, bahaya itu harus dihilangkan.”

Syekh Nawawi Al Bantani juga mengatakan menghindari semua bahaya yang diduga akan datang itu adalah merupakan kewajiban. “Wajib hukumnya menghindari bahaya yang diduga akan datang. Apalagi yang sudah diyakini bahayanya.”

Dia meyakini pernikahan dini sangat berbahaya di dalam keluarga. Karena itu hukumnya wajib menghindari pernikahan dini.

“Oleh karena itu wajib hukumnya kita menghindari pernikahan dini buat anak-anak kita. Ini saya ngomong kiainya ini, bukan Wakil Presiden, tadi ngomong Wakil Presiden sekarang lagi ngomong kiainya,” tandasnya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek