Waspada! 8 Daerah di Jawa Barat Berstatus Endemis Antraks - inews

 

Waspada! 8 Daerah di Jawa Barat Berstatus Endemis Antraks

jabar.inews.id
July 8, 2023
Ciri-ciri hewan terkena antraks.
Ciri-ciri hewan terkena antraks.

BANDUNG, iNews.id - Warga Jabar diimbau waspada terhadap wabah antraks yang menyerang sapi dan dapat menular ke manusia. Terdapat 8 daerah di Jawa Barat yang berstatus endemis antraks.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar mengimbau warga yang tinggal di wilayah endemis tersebut waspada. "Jadi ini harus diwaspadai oleh kabupaten/kota, terutama di 8 wilayah endemis di wilayah Jawa barat seperti Bogor, Purwakarta, Subang," kata Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) DKPP Jabar Supriyanto, Sabtu (8/7/2023).

Supriyanto menyatakan, upaya antisipasi yang telah dilakukan saat ini adalah mengeluarkan surat edaran (SE) kewaspadaan antraks. SE tersebut sudah dikirim ke seluruh kabupaten/kota sejak Jumat 7 Juli 2023.

"Tertanggal kemarin, kita sudah mengeluarkan SE ke kabupaten/kota untuk melakukan peningkatan kewaspadaan," ujar Supriyanto.

Supriyanto berharap masyarakat cepat tanggap melaporkan apabila menemukan ciri-ciri antraks pada hewan ternak. Khususnya, kata dia, para peternak sapi, kambing, hingga domba.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Upaya lain untuk mencegah antraks, kata tutur dia, pengetatan lalu lintas hewan ternak yang berkolaborasi dengan instansi terkait. Pengetatan tersebut dilakukan meskipun kemungkinan wabah antraks masuk Jabar sangat kecil.

"Sekarang di sana (Gunungkidul) sudah terjadi pengetatan hewan kecuali waktu kemarin kurban saja. Insya Allah pengetatan itu juga akan kita lakukan, tapi itu juga tidak penjadikan kita lengah," tutur Supriyanto.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Baca Juga

Komentar