Pilihan

Apa Keuntungan Putin dengan kematian Prigozhin dalam Kecelakaan Pesawat? - Sindonews

 

Apa Keuntungan Putin dengan kematian Prigozhin dalam Kecelakaan Pesawat?

Kamis, 24 Agustus 2023 - 23:03 WIB
Apa Keuntungan Putin dengan kematian Prigozhin dalam Kecelakaan Pesawat?
Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki banyak keuntungan dengan kematian bos Wagner. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prigozhin, bos tentara bayaran Wagner yang bermulut besar dan mendalangi pemberontakan terhadap Kremlin, belum secara resmi dinyatakan meninggal.

Pihak berwenang Rusia belum mengkonfirmasi melalui tes DNA bahwa jenazah pria berusia 62 tahun itu termasuk di antara sisa-sisa 10 orang yang hangus dan hancur yang ditemukan di puing-puing jet pribadi yang jatuh 350 km (217 mil) barat laut Moskow pada Rabu malam.

‘Namun Prigozhin terdaftar sebagai salah satu penumpang pesawat tersebut – bersama dengan pendiri perusahaan dan simpatisan neo-Nazi Dmitry Utkin.



Sedikit yang meragukan dugaan kematian Prigozhin, yang terjadi tepat dua bulan setelah “pawai keadilan” pada tanggal 23 Juni, begitu ia menyebutnya, ribuan pejuang terbaik Wagner menuju Moskow. Pemberontakan tersebut menimbulkan kepanikan di Kremlin dan dilaporkan memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin meninggalkan Moskow.

Baca Juga
Presiden Zelensky: Ukraina Tidak Terlibat dalam Kecelakaan Pesawat Bos Wagner


Pemberontakan ini dipicu oleh konflik selama berbulan-bulan dengan Kementerian Pertahanan Rusia yang menunda atau menyabotase pasokan amunisi ke Wagner di garis depan Ukraina tenggara.

Pawai tersebut berhenti hanya 200 km di selatan Moskow setelah Presiden Belarusia Alexander Lukashenko menjanjikan Prigozhin dan seluruh warga Wagner tempat yang aman di negara bekas Soviet yang berhutan dan berbatasan dengan Ukraina.

Seorang pakar terkemuka di Wagner yakin bahwa Prigozhin sudah mati.

“Saya telah mendengar dari sumber di Wagner yang dekat dengannya bahwa hal itu mungkin benar,” John Lechner, seorang reporter investigasi di Amerika Serikat yang sedang menulis buku tentang Prigozhin yang merangkum penelitian selama bertahun-tahun, mengatakan kepada Al Jazeera tak lama setelah media Rusia melaporkan hal tersebut kecelakaan pesawat.

Al Jazeera tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

Namun mereka yang meragukan kematian tersebut menyebutkan kecenderungan Prigozhin untuk menyamar – dan kesempatannya untuk melarikan diri ke Republik Afrika Tengah, Mali atau negara-negara Afrika lainnya di mana Wagner memberikan “layanan keamanan” kepada orang-orang kuat lokal dengan imbalan saham di pertambangan dan perdagangan sumber daya alam lokal.

Polisi Rusia menemukan tumpukan paspor palsu dengan foto Prigozhin dan nama orang lain sehari setelah kudeta yang gagal, dan foto berbingkai dirinya yang mengenakan wig, kacamata, dan janggut ditemukan di rumahnya di St Petersburg dan langsung diejek di meme online.

“Sangat menyenangkan dan mudah untuk memalsukan kematian diri sendiri,” pakar pertahanan Ukraina Maria Kucherenko, yang menulis laporan rinci tentang Wagner, menulis di Facebook pada Kamis malam.

Baca Juga
4 Gebrakan Bos Wagner untuk Membuat Rusia Lebih Kuat dan Hebat


Namun tidak ada kemungkinan untuk benar-benar memalsukan kematian Prigozhin di Rusia, mengingat pengawasan ketat para pejabat dan ahli forensik yang menyelidiki kecelakaan tersebut, kata analis lainnya.

“Mungkin ada rumor [kematian palsu] seandainya dia melakukannya di Afrika, tapi tidak di Rusia, di mana tes DNA akan segera dilakukan,” kata Nikolay Mitrokhin dari Universitas Bremen di Jerman kepada Al Jazeera.

"Tes DNA akan dipantau dengan cermat oleh Kremlin mengingat Kremlin adalah penyebab utama kematian Prigozhin," kata Mitrokhin.

Menurut video ponsel yang konon memperlihatkan jet Legacy Embraer milik Prigozhin di udara, pesawat itu jatuh, tidak meluncur ke bawah, dan tampaknya hanya satu mesin yang menyala.

Kepulan asap yang tidak menyerupai knalpot terlihat di belakang pesawat, dan ekor serta salah satu sayapnya terlepas jauh dari badan pesawat, yang mungkin mengindikasikan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh ledakan.

Dalam video amatir lain yang menunjukkan pesawat jatuh, para saksi mengatakan mereka mendengar “dua ledakan”. Pasukan pertahanan udara secara rutin menembak sebuah pesawat sebanyak dua kali untuk memastikan pesawat tersebut terkena serangan.

Sebuah sumber di badan pengawas penerbangan utama Rusia mengatakan kepada saluran televisi Tsargrad bahwa pesawat itu “meledak”.

Namun, Flightradar 24, pelacak pesawat asal Swedia, mengatakan bahwa jet buatan Brasil itu terbang hingga ketinggian 8.500 meter (28.000 kaki).

Sangat sedikit senjata pertahanan udara yang dapat menghantam pesawat setinggi itu – dan Kremlin diduga menggunakan dua rudal S-300, demikian klaim saluran Telegram VChK-OGPU yang memiliki tautan ke lembaga penegak hukum Rusia.

Sementara itu, Putin, mantan kolonel KGB yang memimpin FSB, penerus utama KGB, pada akhir tahun 1990an, terkenal pendendam.

Kritikus Kremlin mengutip kasus Alexander Litvinenko, pakar kejahatan terorganisir FSB yang menuduh Putin mengambil keuntungan dari perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Litvinenko membelot ke Inggris dan meninggal secara mengenaskan pada tahun 2006 setelah meminum teh yang mengandung radioaktif polonium-210, racun yang sangat langka dan mahal.

Putin menyebut Litvinenko sebagai “pengkhianat”, dan London mengatakan presiden Rusia “mungkin” menyetujui pembunuhan tersebut.

“Pengkhianat” adalah julukan yang digunakan Putin dalam pidatonya di televisi pada hari pemberontakan Prigozhin.

Meskipun kerusuhan dihentikan dan Wagner kembali ke wilayah pendudukan Rusia di tenggara Ukraina, reputasi Putin sangat terpuruk.

Tuduhan pengkhianatan tingkat tinggi terhadap kepala dan perwira Wagner yang menembak jatuh beberapa pesawat Rusia selama pawai mereka dibatalkan sehari kemudian.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek