Pilihan

Buka Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Singgung Penguatan Daya Saing Keuangan Digital By BeritaSatu

 

Buka Sidang Tahunan MPR, Bamsoet Singgung Penguatan Daya Saing Keuangan Digital

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, industri keuangan digital akan memberikan sumbangsih penting dalam perekonomian nasional.

Menurut Bamsoet, peningkatan peran industri keuangan digital memerlukan sinergisitas antar pemangku kepentingan, dengan tetap mengutamakan perlindungan konsumen.

"Penguatan daya saing industri keuangan digital kita, akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadilan," ucap Bamsoet dalam pidato pengantar Sidang Tahunan MPR, di Gedung DPR, Rabu (16/8/2023).

Bamsoet mengatakan, kondisi ekonomi saat ini sudah bertransformasi secara cepat menuju digitalisasi dan integrasi. Perkembangan inovasi teknologi sektor keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto di Indonesia terus menunjukkan perkembangan pesat.

Kehadiran aktivitas keuangan digital dapat dirasakan manfaatnya dari aspek kenyamanan, kemudahan, kecepatan, dan efisiensi, di samping berperan strategis dalam mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi, menciptakan pertumbuhan nilai investasi, dan membuka kesempatan lapangan kerja baru.

Nilai ekonomi digital Indonesia diperkirakan dapat mencapai US$ 130 miliar pada tahun 2025 dan US$ 315 miliar pada 2030. Adapun jumlah startup di dunia 144.688 per 10 Mei 2023. Dari jumlah tersebut 77.554 startup berada di AS lalu disusul oleh India sebanyak 17.290 startup.

Di sisi lain, sektor digital ini juga tidak terlepas dari tantangan dan potensi permasalahan. Penerbitan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan diharapkan akan menjadi dasar penguatan peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memelihara stabilitas sistem keuangan dan melakukan pengaturan, pengawasan, serta pengembangan terhadap sektor tersebut.

"Kami mengajak seluruh pihak terkait, untuk bersama-sama mengembangkan industri keuangan digital kita agar dapat bertumbuh secara sehat, berkelanjutan, dan senantiasa mengutamakan perlindungan konsumen," kata Bamsoet.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek