Pilihan

CIA Disebut Beri Tahu Menlu Blinken Serangan Balasan Ukraina Tak Akan Berhasil - inews

 

CIA Disebut Beri Tahu Menlu Blinken Serangan Balasan Ukraina Tak Akan Berhasil

inews.id
August 17, 2023
Logo Badan Intelijen Pusat AS atau CIA
Logo Badan Intelijen Pusat AS atau CIA

WASHINGTON DC, iNews.id – Badan Intelijen Pusat AS (CIA) dikatakan memberi tahu Menteri Luar Negeri Antony Blinken bahwa serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung sepertinya tidak akan membuahkan hasil. Hal itu diungkapkan oleh jurnalis investigasi veteran AS, Seymour Hersh, dengan mengutip seorang pejabat intelijen AS.

“Dia (Blinken) mendapat kabar melalui badan itu (CIA) bahwa serangan Ukraina tidak akan berhasil. Itu hanya menjadi pertunjukan oleh Zelensky dan ada beberapa (orang) di pemerintahan yang percaya omong kosongnya,” ujar pejabat AS itu seperti dikutip pada Kamis (17/8/2023).

Menurut pejabat itu, Blinken, ingin menengahi kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina. seperti yang dilakukan pendahulunya, Henry Kissinger, di Paris pada 1973. Kala itu, Kissinger menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri perang Vietnam. Akan tetapi, jika Blinken melakukan hal serupa, itu akan menjadi kerugian besar bagi Amerika Serikat.

Ukraina meluncurkan serangan balasannya sejak awal Juni setelah beberapa kali penundaan. Rusia mengklaim, hingga 4 Agustus lalu, Ukraina telah kehilangan lebih dari 43.000 tentara dan 4.900 unit peralatan militernya dalam serangan balasan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek