Danone Indonesia Berkolaborasi dengan Citilink dalam Jelajah Gizi 2023 By BeritaSatu

 

Danone Indonesia Berkolaborasi dengan Citilink dalam Jelajah Gizi 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 31, 2023
Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink menggelar program Jelajah Gizi 2023.
Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink menggelar program Jelajah Gizi 2023.

Solo, Beritasatu.com - Indonesia masih mempunyai tantangan dalam tiga beban masalah gizi (triple burden) yaitu stuntingwasting dan obesitas. Lebih jauhnya, permasalahan zat gizi mikro yang terjadi dibuktikan dengan fakta 8 dari 10 anak Indonesia mengalami kekurangan DHA2 dan 1 dari 3 anak kekurangan zat besi. Sebagai upaya menyebarkan informasi seputar kekayaan gizi dari potensi pangan lokal Indonesia seperti di kota Solo sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink menggelar program Jelajah Gizi 2023. Mengangkat tema ”Eksplorasi Potensi Pangan Lokal untuk Penuhi Kebutuhan Nutrisi Keluarga” acara ini diselenggarakan di daerah Solo dan sekitarnya pada 14-16 Agustus 2023.

Gusti Raden Ajeng (G.R.Aj.) Ancillasura Marina Sudjiwo dalam sambutannya mengatakan bahwa belum banyak yang mengetahui bahwa ragam kuliner khas Kota Solo juga menyimpan banyak cerita budaya hingga ragam nutrisi dan gizi yang baik bagi kesehatan.

"Kota Solo sendiri sering disebut disebut lokasi perjamuan yang menjadi incaran wisatawan untuk berburu makanan karena ragam kuliner yang hadir di kota ini. Seperti halnya pangan kerajaan yang ada di Mangkunegaran yang menyimpan makna dari setiap pangan yang dihidangkan, contohnya apem, ketan, kolak khas Pura Mangkunegaran yang sarat akan filosofi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Surakarta Wahyu Christina memaparkan bahwa Solo menjadi kota yang didatangi banyak tamu yang khusus untuk menikmati kuliner lokalnya. Saat ini jumlah UMKM Kuliner di Solo berjumlah 26,13 persen atau setara dengan 3.127 pelaku UMKM.

"Untuk itu kami menyadari bahwa kuliner Solo begitu kaya dan menjadi identitas kota yang penting untuk dikembangkan sejalan dengan program 17 titik prioritas Kota Solo. Sebagai bentuk dukungan untuk para pelaku UMKM Kuliner Solo, kami memiliki fasilitas dan pendampingan UMKM Kuliner dalam hal legalitas (izin edar PIRT, BPOM dan sertifikasi halal). Kami juga mengelola kuliner Solo dengan berbagai aktivitas seperti festival kuliner khas Solo, sebagai bentuk promosi karena makanan khas Solo tidak kalah dari makanan yang sedang diminati masyarakat dan juga lebih sehat. Kami berharap dari acara hari ini, bisa memberikan wawasan atau referensi kuliner di Kota Solo kepada masyarakat luas,” tambah Wahyu.

Sebagai perusahaan dengan misi membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat, Danone Indonesia pun berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan hidrasi keluarga melalui produk dan inisiatifnya yang berkelanjutan serta berdampak positif bagi masyarakat.

"Untuk memastikan kesehatan masyarakat Indonesia dapat terjaga, Danone Indonesia juga menyadari hal ini perlu didukung dengan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemenuhan gizi seimbang. Untuk itu, tahun ini Danone Indonesia kembali menggelar program Jelajah Gizi 2023 dan memilih Solo sebagai destinasi karena keragaman kuliner dan pangan yang menarik untuk diketahui oleh masyarakat serta cerita historis maupun kebudayaan kental yang membuat kota ini menarik untuk dieksplor,” kata Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin.

Jelajah Gizi merupakan program yang sudah berjalan sejak tahun 2013 dengan mengajak pakar seperti ahli gizi, media dan pegiat media sosial untuk mengeksplorasi kekayaan cita rasa, budaya dan nutrisi juga gizi yang terkandung dalam berbagai hidangan di berbagai daerah di Indonesia. Sejak tahun 2013, Jelajah Gizi sudah mengunjungi dan mengeksplorasi kuliner di berbagai daerah seperti Gunung Kidul, Kepulauan Seribu, Bali, Minahasa, Malang, Semarang dan Bogor.

Tahun ini, Danone Indonesia berkolaborasi dengan Citilink sebagai maskapai penerbangan kelas dunia yang melayani penerbangan ke berbagai destinasi di Indonesia. Citilink merupakan maskapai berbiaya hemat yang mendapatkan sertifikasi bintang 4 dari Skytrax dan juga mendapatkan predikat sebagai maskapai berbiaya hemat terbaik di Indonesia.

Dalam kolaborasi ini, Danone Indonesia dan Citilink tidak hanya mengeksplorasi kuliner dan program berkelanjutan di Solo dan sekitarnya, namun juga berupaya mengangkat semangat konsumsi pangan bernutrisi dengan para konsumen melalui kegiatan aktivasi yang dijalankan, seperti aktivasi chef on board dan menyediakan kreasi pangan Do-Su Yummi-Nutri untuk penumpang di pesawat pada tanggal 11 & 14 Agustus, penyediaan produk hidrasi AQUA Cube dan nutrisi keluarga yakni SGM Family Yummi- Nutri hingga kuis bertema Indonesia dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia.

Citilink juga selalu berkomitmen untuk menghubungkan berbagai destinasi di nusantara serta memperkenalkan kekayaan pariwisata, budaya, dan kuliner Indonesia sebagai salah satu misi utama. Sehubungan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, selain melalui promo HUT RI, dengan semangat untuk merayakan hari kemerdekaan bersama masyarakat, Citilink menyambut positif dan mendukung program Jelajah Gizi 2023 bersama Danone Indonesia di Solo yang juga merupakan salah satu rute Citilink.

Direktur Human Capital Citilink Arief Adhi Sanjaya mengatakan, kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Citilink dalam melestarikan potensi kekayaan kuliner Indonesia melalui fitur LinkTreats sehingga dapat menumbuhkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap pangan lokal.

“Melalui program ini, diharapkan masyarakat dapat teredukasi akan pentingnya konsumsi nutrisi seimbang yang dapat dilakukan dengan konsumsi pangan lokal,” tutup Arif.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya