Disaksikan Jokowi, Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Bermain Angklung By BeritaSatu

Disaksikan Jokowi, Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Bermain Angklung

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
July 24, 2023
Indonesia sukses memecahkan rekor Guinnes World Record dengan kategori pergelaran angklung terbesar Indonesia. Tercatat sebanyak 15.110 orang bermain angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno
Indonesia sukses memecahkan rekor Guinnes World Record dengan kategori pergelaran angklung terbesar Indonesia. Tercatat sebanyak 15.110 orang bermain angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sukses memecahkan rekor Guinnes World Record dengan kategori pergelaran angklung terbesar. Tercatat sebanyak 15.110 orang bermain angklung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (5/8/2023) malam.

Perwakilan juri Guinnes World Records, Sonia Ushirogochi menyampaikan, Indonesia telah resmi memecahkan rekor dunia pergelaran angklung. Rekor sebelumnya tercipta juga dari Indonesia dengan jumlah 5.128 orang.

"Sekarang izinkan saya memberi tahu kalian hasilnya. Saya mengonfirmasi dengan 15.110 peserta, kalian telah mencatatkan Guinness World Records," ungkap Sonia saat memberikan pengumuman rekor dunia tersebut.

Awalnya, panitia telah memperkirakan sebanyak 15.420 orang terlibat dalam pemecahan rekor dunia ini. Namun, setelah dilakukan penjurian dengan cermat oleh Guinnes World Records dihasilkan sebanyak 15.110 orang.

Keberhasilan Indonesia meraih rekor dunia pergelaran angklung ini setelah memainkan dua lagu yakni lagu wajib nasional Berkibarlah Benderaku ciptaan Saridjah Niung (Ibu Soed) dan lagu Wind of Change milik grup band Scorpions.

Diketahui, pemecahan rekor dunia pergelaran angklung dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Acara ini diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Adapun 15.110 orang ini berasal dari perwakilan sejumlah kementerian/lembaga dan TNI/Polri yang telah mengikuti pelatihan selama tiga bulan.

Pemecahan rekor dunia ini turut dihadiri Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri Wury Estu Handayani. Mereka datang bersamaan sekitar pukul 19.10 WIB.

Jokowi dan Ma'ruf kompak mengenakan batik coklat lengan panjang, sedangkan Iriana dan Wury mengenakan kebaya bernuansa merah dan putih.

Baca Juga

Komentar